Connect with us

Komisi III DPRD Kota Cirebon Undang Disdik Terkait Iuran LKS

Berita Cirebon Radio

Komisi III DPRD Kota Cirebon Undang Disdik Terkait Iuran LKS

KEJAKSAN [89,2 CR] – Komisi III DPRD Kota Cirebon undang Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon terkait keluhan orang tua siwa dengan iuran Lembar Kerja Siswa (LKS) di setiap sekolah. Pasalnya banyak orang tua yang tengah mengalami kesulitan di tengah pandemi COVID-19.

Ketua komisi III DPRD Kota Cirebon Tresnawaty, mengatakan, imbas refocusing anggaran di Disdik, pihak sekolah bersama orang tua siswa inisiatif bersama iuran LKS. Ia menegaskan, iuran tersebut tidak dapat disebut dari pungutan liar (Pungli), karena berdasarkan kesepakatan bersama.

“Awalnya dana LKS ini, dibantu oleh pihak sekolah, karena direfocusing sekarang tidak ada. Tapi hasil kesepakatan itu, ada yang dirugikan,”kata Tresna, kepada wartawan usai, rapat kerja bersama Dinas Pendidikan, di gedung DPRD, Senin (15/02/21).

Ditegaskan anggota DPRD Kota Cirebon dari Partai Gerindra itu,  keadaan keuangan, jangan dijadikan alasan Disdik Kota Cirebon. Sehingga muncul adanya persoalan tersebut. Dia mengusulkan kepada Disdik, di zaman digitalisasi ini LKS agar harus dijadikan paperless, menyesuaikan dengan zaman.

“Silahkan kreativitas dari Disdik untuk mengawasi sekolah, dan anak didik terlayani, jangan sampai nanti masih ada yang mengeluh kepada kami,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Irawan Wahyono mengatakan LKS ini biasanya dibiayai APBD melalui dana BOS, dikarekan ada penyesuaian anggaran atau refocusing yang biasanya 2 semester menjadi 1 semester.

“Akhirnya LKS semester 2 ini, di swadaya, meskipun mekanisme musyawarah nya ditempuh tapi disisi lain ada yang tidak berkenan,”kata Irawan.

Irawan memastikan, pihaknya, akan segera menindaklanjuti saran dan solusi dari komisi III , untuk menjadi bahan evaluasi bersama di Dinas Pendidikan. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top