Connect with us

Komisi IV DPRD Jabar Harapkan Perbaikan Jalan Kadipaten – Kertajati Rampung Secepatnya

Berita Cirebon Radio

Komisi IV DPRD Jabar Harapkan Perbaikan Jalan Kadipaten – Kertajati Rampung Secepatnya

KADIPATEN – Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat mengharapkan perbaikan Jalan Kadipaten – Kertajati rampung secepatnya. Pasalnya, ruas jalan rawan macet imbas dari perbaikan tersebut.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady mengungkapkan, kemacetan tersebut kerap dikeluhkan dalam beberapa waktu terakhir. Saat ini, jalan sepanjang 4 km tengah dalam pengerjaan pengecoran.

“Masalahnya adalah butuh alternatif sebagai solusi selama pembangunan berlangsung untuk menanggulangi kemacetan yang ditimbulkan dampak dari perbaikan jalan,” paparnya, Selasa (12/10).

Disebutkannya, hal tersebut berkaitan dengan posisi ruas jalan yang melintas di tepi saluran irigasi. Namun, pihaknya mengakui agak sulit mencari alternatif di ruas jalan tersebut.

Dirinya juga meyakini alternatif solusinya pasti dicarikan sehingga proses perbaikan jalan tetap berjalan lancar dan kemacetan dapat terhindarkan. Lebih lanjut anggota dewan dari daerah pemiliham Cirebon-Indramayu tersebut menyatakan bahwa ruas jalan itu cukup padat.

“Ruas jalan itu sanagat strategis karena merupakan salah satu jalur ke arh Bandara Kertajati dan ke Indramayu. Jadi, volume kendaraan yang melintas du sana cukup padat,” ungkapnya.

Ia pun memaklumi jika ada proses perbaikan jalan seperti itu pasti kemacetannya pun cukup lumayan. Mengingat jalur tersebut merupakan akses utama yang kerap dilewati masyarakat.

Pembangunan ruas sepanjang 4 km itu terbagi menjadi tiga seksi. Menurutnya, secara keseluruhan proses pembangunannya diproyeksikan selesai pada 20 Desember 2021.

Bahkan, pekerjaan dilakukan 24 jam, tapi ada faktor lain selain karena volume kendaraan. Selain itu, i salah satu sisi jalan terdapat saluran irigasi yang letaknya lebih tinggi, bahkan mengalami kebocoran di beberapa titik.

Namun, ruas jalan tersebut merupakan salah satu bagian dari penunjang BIJB Kertajati sehingga harus diselesaikan secepatnya. Diakuinya, Pemprov Jabar menggelontorkan banyak sekali uang dari APBD Provinsi Jawa Barat untuk menunjang BIJB Kertajati.

“Namun, kini nasib Bandara Kertajati malah tidak jelas. Semoga saja dengan banyaknya penunjang yang terselesaikan, Bandara Kertajati dapat segera difungsikan secara maksimal,” pungkasnya. [DR]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top