Connect with us

Kota Cirebon Dianggap Seperti Bali dan Yogyakarta, DKOKP Sering Terima Kunjungan

Berita Cirebon Radio

Kota Cirebon Dianggap Seperti Bali dan Yogyakarta, DKOKP Sering Terima Kunjungan

KESAMBI [89,2 CR] – Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon rajin dikunjungi instansi dari daerah lain. Mereka menganggap Kota Cirebon memiliki keunikan tersendiri dibandingkan daerah lain di Indonesia. Salah satunya kebudayaan yang tetap dilestarikan sampai dengan saat ini.

Kepala DKOKP melalui Kabid Kebudayaan, Siti Solecha menuturkan, dalam sebulan hampir ada puluhan instansi kunjungan kerja ke dinasnya. Salah satu ketertarikan untuk datang ke Cirebon karena masih kental akan budaya dan tradisi.

“Pertanyaan yang sering disampaikan biasanya kenapa kebudayaan masih tetap dilestarikan. Ya memang masyarakat Cirebon, budaya menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya kepada Cirebon Radio, Jumat (16/10/20).

Menurut mereka, daerah di Indonesia yang memiliki keunikan adalah Bali, Yogyakarta dan Cirebon. Hanya di Cirebon memiliki 3 keraton yang masih tetap berdiri, berdampingan dengan masyarakat. Masyarakat Cirebon juga tetap menjalankan adat dan tradisi sebagai warisan leluhur.

“Memang Cirebon memiliki keunikan tersendiri. Suku bangsa Cirebon, bahasanya, kesenian dan yang lainnya,” katanya.

Masih kata Ela, generasi muda di Cirebon juga gemar dan mencintai seni tradisi, meski modernisasi tetap hadir di tengah mereka. Banyak generasi muda yang ikut terlibat langsung dalam kegiatan kesenian dan kebudayaan yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Acara nadran, muludan dan sebagainya banyak anak muda didalamnya. Ini membuktikan generasi muda Cirebon mencintai seni dan tradisi,” tandanya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top