Connect with us

Kota Cirebon Satu-satunya Daerah di Ciayumajakuning yang Menerapkan PPKM Level 1

Berita Cirebon Radio

Kota Cirebon Satu-satunya Daerah di Ciayumajakuning yang Menerapkan PPKM Level 1

KEJAKSAN – Kota Cirebon menjadi satu-satunya daerah di Ciayumajakuning yang menerapkan PPKM level 1. Hal tersebut berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) RI Nomor 60 Tahun 2021 tentang PPKM di Wilayah Jawa dan Bali.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengungkapkan dari hasil rapat koordinasi dengan Kemenko Maritim dan Investasi RI status PPKM Kota Cirebon dinyatakan menurun dari level 2 menjadi level 1.

“Kota Cirebon akhirnya secara resmi ditetapkan sebagai daerah yang menerapkan PPKM level 1 bersama tiga daerah lainnya di Jawa Barat,” terangnya, Selasa (15/11).

Dijelaskannya, daerah lain di Jawa Barat yang menerapkan PPKM level 1 diantaranya Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, dan Kabupaten Bekasi. Sedangkan di Ciayumajakuning hanya Kota Cirebon yang menerapkan PPKM level 1.

Pasalnya, Kabupaten Majalengka masuk dalam kategori PPKM level 2 dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan serta Kabupaten Indramayu masuk dalam kategori PPKM level 3. Inmendagri tentang status PPKM tersebut berlaku mulai tanggal 16 hingga 29 November 2021.

Namun, pihaknya mengakui secara umum ketentuan dalam PPKM level 2 dan level 1 tidak jauh berbeda. Misalnya pelaksanaan PTM terbatas yang maksimal diikuti 50 persen jumlah siswa di sekolah.

“Kemungkinan yang berubah hanya penambahan durasi PTM terbatas karena dalam PPKM level 1 potensi penyebaran Covid-19 dinilai rendah. Sehingga jam belajar siswa di sekolah bisa ditambah,” pungkasnya.

Hal tersebut seperti yang ditetapkan dalam Inmendagri Nomor 60 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Di Jawa Barat, ada lima daerah yang masuk dalam kategori PPKM level 1 yakni Kota Cirebon, Kota Bogor, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar dan Kabupaten Bekasi.

Kota Cirebon juga menjadi satu-satunya daerah di Ciayumajakuning yang masuk dalam kategori PPKM Level 1.

Instruksi Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 16 November 2021 sampai dengan tanggal 29 November 2021.

Adapun daerah-daerah lainnya di Ciayumajakuning, masih menerapkan PPKM Level 2 dan level 3. Dengan rincian, Kabupaten Majalengka masuk dalam kategori PPKM level 2. Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Indramayu masuk dalam kategori PPKM level 3. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top