Connect with us

KPA Kota Cirebon : Kasus Positif HIV AIDS Tahun 2020 Alami Peningkatan

Berita Cirebon Radio

KPA Kota Cirebon : Kasus Positif HIV AIDS Tahun 2020 Alami Peningkatan

KEJAKSAN [89,2 CR] – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Cirebon mencatat pada Tahun 2020 angka kasus positif HIV/AIDS meningkat. Namun sebaliknya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri mulai mengalami peningkatan.

Sekretaris KPA Kota Cirebon, Sri Maryati mengungkapkan pada tahun ini ditemukan 153 kasus positif dari tahun sebelumnya 127 kasus positif. Dari jumlah yang ada, masih banyak kasus yang belum ditemukan karena HIV/AIDS seperti fenomena gunung es.

“Hasil tracking kami ternyata jumlahnya mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. Di luar masih banyak yang belum terungkap,” ujarnya saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Rabu (10/06/20).

Kasus positif pada Tahun 2020 didominasi pasangan suami istri. Penularan disebabkan hubungan seksual dan jarum suntik. Ia menegaskan masa pandemi Covid-19 tidak berpengaruh dengan penularan HIV/AIDS. Karena penularan kedua penyakit tersebut berbeda.

“Antara HIV/AIDS dan Covid berbeda jadi tidak ada kaitannya,” tegasnya.

Pencegahan dengan cara sosialisasi langsung ke komunitas tetap dilakukan. Termasuk menjangkau mereka yang beresiko tertular HIV/AIDS. Cara ini masih efektif menekan jumlah penularan di Kota Cirebon.

“Kami coba sosialisasi kepada komunitas beresiko dan orang yang beresiko,” tandas dia. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top