Connect with us

KPAID dan Polresta Cirebon Resmikan Rumah Aman Anak dan Perempuan

Berita Cirebon Radio

KPAID dan Polresta Cirebon Resmikan Rumah Aman Anak dan Perempuan

KEDAWUNG – KPAID Kabupaten Cirebon dan Polresta Cirebon meresmikan Rumah Aman Anak dan Perempuan, Senin (14/6). Peresmian rumah aman tersebut dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Cirebon dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Ketua KPAID Kabupaten Cirebon, Fifi Sofiah menyampaikan, keberadaan rumah aman sangat mendesak karena pemerintah daerah belum memiliki fasilitas tersebut. Sehingga pihaknya berinisiatif menggunakan rumah pribadinya menjadi rumah aman bagi anak dan perempuan korban kekerasan.

Pihaknya memastikan seluruh fasilitas di rumah aman tersebut sangat memadai untuk membantu menghilangkan trauma yang dialami para korban. Fasilitas tersebut terdiri dari kamar tidur, toilet, ruang konseling, ruang bermain anak, dan lainnya.

“Kasus kekerasan anak dan perempuan di Kabupaten Cirebon cukup tinggi, saya sebagai Ketua KPAID berinisiatif menggunankan rumah pribadi sebagai rumah aman. Pasalnya, tempatnya strategis dan banyak yang kosong jadi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskannya, pihaknya tidak ingin menunggu terlalu lama dan berupaya menyediakan rumah aman bagi anak dan perempuan. Selain itu, rumah aman tersebut dapat menampung anak-anak yang hilang ataupun kesasar yang biasanya ditampung di Polsek.

“Selama ini kami juga selalu bersinergis dengan Unit PPA Polresta Cirebon, manakala ada anak dan perempuan korban kekerasan yang mengalami trauma kita biasanya melakukan trauma healing bersama kepolisian,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolresta Cirebon Kombes Pol M. Syahduddi menyampaikan, rumah aman merupakan suatu tempat untuk menampung, melindungi, dan memulihkan hak-hak anak serta perempuan dari upaya terkait kekerasan terhadap mereka.

Dari mulai kekerasan fisik, kekerasan seksual, kekerasan emosional, hingga pengabaian maupun penelantaran anak. Menurutnya, hal tersebut sangat penting dikarenakan perlindungan terhadap hak anak seringkali dilupakan atau diabaikan.

“Momentum peresmian rumah aman ini harus menjadi salah satu upaya untuk memenuhi dan melindungi hak anak di Kabupaten Cirebon, karena hingga kini kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan masih terjadi,” tuturnya. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top