Connect with us

KPBD : Selatan Kota Cirebon Rawan Longsor

Berita Cirebon Radio

KPBD : Selatan Kota Cirebon Rawan Longsor

KESAMBI [89,2 CR] – Intensitas hujan masih tinggi, Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon menetapkan siaga bencana pada bulan Febuari 2021 ini. Berdasarkan pemetaan, wilayah selatan rawan longsor, pusat kota rawan bencana banjir dan banjir rob.

Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon, Khaerul Bahtiar mengatakan, titik rawan tanah longsor terdapat di wilayah RW 08 Kopiluhur, RW 10 Kedung Jumbleng dan RW 11 Bendakerep, ketiganya di Kelurahan Argasunya.

“Selatan Kota Cirebon banyak perbukitan dengan perkampungan di tengahnya,” katanya kepada awak media, Jumat (19/02/21).

Khaerul menambahkan, bencana rawan banjir rob, hampir mengancam wilayah pesisir, terutama yang berada di sekitar muara sungai yang dangkal rawan banjir rob karena terjadi pendangkalan muara.

“Jika sungai masih belum dikeruk sampai kapan pun wilayah pesisir akan merasakan banjir rob,” tambahnya.

Sementara untuk bencana banjir, yang dimaksud banjir adalah luapan air di permukiman yang tingginya 70 sentimeter dan tidak surut dalam 24 jam. Dengan demikian wilayah Kota Cirebon belum bisa dianggap sebagai bencana banjir.

“Hitungan jam sudah surut jadi bukan banjir namanya tapi genangan,” papar dia.

Ia meminta budaya tradisi gotong royong kembali dibangkitkan. Masyarakat juga diminta untuk menjaga lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan dan banyak menanam pohon. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top