Connect with us

Membahayakan, PT KAI Daop 3 Cirebon Sosialisasi Keselamatan Perlintasan Sebidang

Berita Cirebon Radio

Membahayakan, PT KAI Daop 3 Cirebon Sosialisasi Keselamatan Perlintasan Sebidang

KEJAKSAN [89,2 CR] – PT KAI Daop 3 Cirebon bersama Komunitas Pecinta Kereta Api melakukan sosialisasi di sejumlah Perlintasan Sebidang di wilayah Daop 3 Cirebon. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 15 – 17 September 2020, dengan lokasi 3 titik perlintasan sebidang yang berada di wilayah Kota Cirebon. 3 titik perlintasan tersebut meliputi perlintasan KA di Jalan Krucuk, Jalan Kartini dan Jalan Lawanggada Kota Cirebon.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif menyampaikan, berharap kesadaran masyarakat untuk menaati aturan lalu lintas di perlintasan sebidang semakin meningkat. Sebab, pelanggaran lalu lintas di perlintasan sebidang tidak saja membahayakan pengendara jalan tetapi juga perjalanan kereta api.

“Semoga masyarakat semakin sadar untuk tidak melanggar rambu-rambu yang terdapat di setiap perlintasan sebidang,” ungkapnya kepada awak media, Selasa (15/9/20).

Daop 3 Cirebon mencatat terdapat 235 perlintasan sebidang, dengan rincian 186 perlintasan sebidang resmi dan 49 perlintasan sebidang liar. Sedangkan perlintasan tidak sebidang baik berupa flyover maupun underpass berjumlah 18.

“Pada perlintasan sebidang resmi tersebut, terdapat 83 perlintasan yang dijaga baik itu oleh pihak PT KAI, Dishub, ataupun swadaya dari masyarakat; serta terdapat 103 perlintasan sebidang tidak dijaga,” tambahnya.

Selama tahun 2020 sampai dengan saat ini, di wilayah Daop 3 Cirebon telah terjadi 40 kali kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang yang mengakibatkan 20 nyawa melayang. Sedangkan pada tahun 2019, terjadi 76 kali kecelakaan yang mengakibatkan 58 nyawa melayang.

“Salah satu tingginya angka kecelakaan pada perlintasan terjadi lantaran para pengendara yang tetap melaju meskipun sudah ada peringatan melalui sejumlah rambu yang terdapat pada perlintasan resmi,” paparnya.

Agar mengurangi kecelakaan di perlintasan sebidang, PT KAI Daop 3 juga menutup perlintasan tidak resmi yang rawan terjadi kecelakaan. Sebanyak 68 perlintasan tidak resmi di Daop 3 Cirebon telah ditutup dari tahun 2017 hingga bulan September 2020. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top