Connect with us

Mengaku Bingung, Ketua DPRD Kota Cirebon Klarifikasi Polemik Pembacaan Ikrar

Berita Cirebon Radio

Mengaku Bingung, Ketua DPRD Kota Cirebon Klarifikasi Polemik Pembacaan Ikrar

KEJAKSAN [89,2 CR] – Ketua DPRD Kota Cirebon Affiati A.Ma mengklarifikasi terkait video yang viral di media sosial saat aksi unjuk rasa menolak RUU HIP beberapa hari lalu. Ia meminta masyarakat tidak langsung percaya dengan video tersebut sebelum mengetahui kebenarannya.

Di hadapan awak media, politisi Gerindra ini menjelaskan kronologi yang sebenarnya terjadi. Saat itu DPRD Kota Cirebon menerima perwakilan Forum Cirebon Bersatu, yang sedang melakukan aksi menentang RUU HIP.

“Kemudian Wakil Ketua DPRD Fitria Pamungkaswati menawarkan agar semua yang hadir berikrar membaca naskah ikrar yang sudah disiapkan,” kata Affiati, Jumat (10/7/20).

Saat itu, audiens meminta membacakan terlebih dahulu draf naskah ikrar, sebelum mengambil sikap dan menyetujui ikrar tersebut.

“Setelah dibacakan, pada poin ke 3, “demi Allah kami bersumpah akan menjaga negara kesatuan Republik Indonesia dari pengaruh paham komunisme, liberalisme, leninisme, sekularisme dan khilafah,” Saat dibacakan oleh ibu Fitria, pas kata sekularisme massa bertepuk tangan sehingga kata khilafah tidak terdengar,” tuturnya.

Pihaknya melanjutkan, kemudian giliran Ketua DPRD memimpin membacakan ikrar, pada poin ke 3 terdapat kata komunisme dan khilafah dan dibawahnya ada tambahan tulisan tangan yakni liberalisme, leninisme dan sekularisme.

“Inilah yang membuat saya bingung dalam menyusun urutan bacaan, karena jujur konsep ikrar datangnya dadakan dari ibu Fitria yang disampaikan kepada saya saat itu,” ujarnya.

Di saat bersamaan, Affiati meminta maaf atas nama pimpinan dan lembaga, atas kekhilafan pada saat penerimaan aspirasi forum cirebon bersatu.

“Secara lembaga dan unsur pimpinan meminta maaf,” katanya.

Ia juga berencana silaturahmi ke tokoh masyarakat, pemuka agama dan sesepuh Cirebon guna meredam emosi kekecewaan masyarakat. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top