Connect with us

Meresahkan Masyarakat, KUA Kota Cirebon Akan Pastikan Keaslian Buku Nikah

Berita Cirebon Radio

Meresahkan Masyarakat, KUA Kota Cirebon Akan Pastikan Keaslian Buku Nikah

KESAMBI [89,2 CR] – Petugas KUA di Kota Cirebon akan memastikan keaslian buku nikah setiap ada warga yang legalisir. Hal ini untuk mengantisipasi peredaran buku nikah palsu yang cukup meresahkan masyarakat.

Kasi Bimas di Kemenag Kota Cirebon, Slamet mengatakan, buku nikah asli dan palsu sulit dibedakan secara fisik, namun bisa dilihat dari nomor seri dan nomor porporasi. Untuk terbitan buku nikah di tahun 2020 terdapat kode QR di samping sebelah kanan tanda tangan kepala KUA.

“Untuk membedakan harus ke kantor kementerian agama karena sulit kalau dari kasat mata,” kata dia kepada Cirebon Radio, Jumat (19/03/21).

Biasanya lanjut Sujai, petugas KUA dapat mengetahui asli dan palsu buku nikah dari nomor akta nikah. Sebab dalam pembuatan nomor ada kode khusus yang hanya dipahami oleh petugas KUA.

“Petugas biasanya sangat hapal mana nomor yang palsu dan nomor yang asli,” ujar dia.

Selain itu bisa dilihat dari tanda tangan kepala KUA. Pasalnya setiap tahun kepala KUA selau berganti-ganti. Untuk memastikan biasanya petugas mencari tahu siapa kepala KUA yang terdapat di buku sesuai dengan bulan dan tahun.

“Ada WhatsApp Group yang biasanya kami share hanya memastikan,” katanya.

Sejauh ini belum pernah ditemukan kasus buku nikah di Kota Cirebon. Ada pun hanya kesalahan pengetikan nama oleh petugas. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top