Connect with us

Miliki Potensi Bagus, Sekda Kota Cirebon Berharap Kopi Luhur Jadi Objek Wisata

Berita Cirebon Radio

Miliki Potensi Bagus, Sekda Kota Cirebon Berharap Kopi Luhur Jadi Objek Wisata

HARJAMUKTI [89,2 CR] – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon berencana wilayah Kopi Luhur, Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon ditanami kopi. Bukan hanya itu lokasi ini juga akan dijadikan objek wisata unggulan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi mengaku, tidak mudah untuk memperbaiki kondisi bekas galian C. Padahal wilayah tersebut potensi menjadi objek wisata. Karena lokasinya berada di pegunungan dengan pemandangan yang cukup indah.

“Ada satu titik yang merupakan puncak tertinggi di Kota Cirebon. Diperkirakan ketinggiannya mencapai 200 meter dari permukaan laut. Dari ketinggian ini hamparan Kota Cirebon dan lautnya bisa terlihat begitu indahnya,” ujar Gusmul sapaan akrabnya, Selasa (18/8/20).

Pada titik itu tambah Gusmul adalah aset milik Pemkot Cirebon. Sehingga bila berencana membangun tempat atau fasilitas untuk wisata sangat memungkinkan. Tinggal pihaknya mendorong, apakah nantinya instansi atau pihak swasta yang akan membangunnya.

“Potensi wisata digali kemudian rencana masyarakat menanam kopi harus didukung, karena histori tempat ini pernah ditanami kopi,” paparnya.

Sementara Kabid Penanaman Modal DPMPTSP Kota Cirebon Hanry David menambahkan, pihaknya yang akan membuat Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan. Wilayah Kopi Luhur akan dikaji secara menyeluruh dan mendalam. Terhadap aspek teknis, ekonomi, keuangan, lingkungan dan lainnya.

Hal ini guna membuat suatu kawasan di Kopi Luhur tempat yang akomodatif terhadap wisatawan. Dan direncanakan juga untuk penanaman kopi, pasalnya pihaknya ingin mengembalikan sejarah Kopi Luhur dulu sebagai tempat satu-satunya di Kota Cirebon yang ada tanaman kopinya.

“Rencananya seperti itu, kita harapkan ada dampak positif buat warga sekitar. Dan akan membuka lapangan kerja sebagai alih profesi dari pekerjaan sebelumnya,” tandasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top