Connect with us

Monitoring Jelang Idul Adha, Gugus Tugas Kota Cirebon Prihatin

Berita Cirebon Radio

Monitoring Jelang Idul Adha, Gugus Tugas Kota Cirebon Prihatin

KEJAKSAN [89,2 CR] – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 monitoring pelaksanaan protokol kesehatan penanganan Covid1-9 di wilayah Kota Cirebon, Kamis (30/2). Hasilnya, tingkat kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker masih rendah.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra Eti Herawati mengatakan, di masa penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) justru kesadaran masyarakat untuk menerapakan protokol kesehatan semakin menurun. Padahal pandemi Covid-19 masih berlangsung dan kasus positif di Kota Cirebon terus bertambah.

“Sangat memprihatinkan. Kesadaran masyarakat bukannya semakin meningkat, tapi semakin banyak yang tidak menggunakan masker,” ungkapnya usai kegiatan.

Monitoring dilakukan di 4 titik di Kota Cirebon.Titik pertama terdiri dari Pasar Kramat, Pasar Pagi, dan Pasar Kanoman, titik kedua terdiri dari Pasar Perumnas, Pasar Drajat, dan Pasar Harjamukti, titik ketiga di kawasan pertokoan Jalan Pekiringan dan titik keempat di kawasan pertokoan yang ada di Jalan Kanggraksan.

Gugus Tugas mendapati masyarakat yang berada di pasar-pasar tradisional sudah banyak yang tidak lagi menggunakan masker. Ia akan minta ke Direktur PD Pasar Berintan untuk mengetatkan lagi pengawasan di pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Cirebon.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs Agus Mulyadi M.Si menjelaskan bahwa hari ini sedikitnya 603 warga ditemukan tidak menggunakan masker.

“Kalau Binwasdal (Pembinaan, Pengawasan dan Pengendalian) kemarin sebanyak 258 warga yang tidak menggunakan masker,” ungkap Agus.

Pemda Kota Cirebon, lanjut Agus, lebih memilih menjalankan sosialiasi dengan sanksi ringan dan pola edukasi. Peringatan tetap dilakukan, baik lisan maupun tertulis.

“Yang penting itu kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan, tetap menggunakan masker,” tandasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top