Connect with us

New Normal, Kemenag Kota Cirebon Izinkan Nikah Batasi Tamu

Berita Cirebon Radio

New Normal, Kemenag Kota Cirebon Izinkan Nikah Batasi Tamu

KESAMBI [89,2 CR] – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon menerapkan New Normal pernikahan. Yang berbeda, tamu undangan pernikahan dibatasi jumlahnya baik di dalam ruangan atau di luar ruangan. Sementara untuk resepsi belum diijinkan oleh Pemerintah Kota Cirebon.

H. Slamet Kasi Bina Masyarakat Kemenag Kota Cirebon menuturkan, berdasarkan Surat Edaran Wali Kota, Kemenag dan Binmas, pernikahan sudah bisa dilakukan secara terbuka. Namun tamu undangan dibatasi hanya 30 orang dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Karena New Normal jadi jumlahnya dibatasi, tidak seperti sebelumnya,” ujarnya kepada Cirebon Radio, Rabu (24/06/20).

Lebih lanjut Slamet menjelaskan, tamu undangan wajib menggunakan masker dan cuci tangan. Sesama tamu harus menjaga jarak atau psychical distancing. Tidak boleh bersentuhan satu sama lain, hanya pihak keluarga dekat yang serumah.

“Protokol Covid-19 wajib diterapkan dengan ketat, jika melanggar akan diberikan teguran,” tambah dia.

Slamet menegaskan, pihaknya hanya membolehkan untuk pernikahan bukan resepsi. Kewenangan tersebut ada pada pihak Pemkot Cirebon dan kepolisian. Apalagi yang menghadirkan hiburan saat menikah.

“Ingat ya kami hanya pernikahan, resepsi bukan kewenangan kami,” tuturnya.

Terkait angka pernikahan di masa pandemi Covid-19, menurutnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Masyarakat beralasan lebih kepada waspada Covid-19 dan karena pernikahan tertunda beberapa bulan lalu.

“Pasti meningkat karena pengajuan di bulan Maret dan April di pending dulu, baru bisa menikah setelah sudah sedikit aman,” tandasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top