Connect with us

Pansus dan Pemkot Cirebon Akan Pastikan Aturan Hibah YPSGJ

Berita Cirebon Radio

Pansus dan Pemkot Cirebon Akan Pastikan Aturan Hibah YPSGJ

KEJAKSAN – [89,2 CR] – Panitia khusus (pansus) hibah Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ) mengadakan rapat dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon. Pemkot Cirebon meyakinkan Pansus hibah bahwa hal tersebut untuk kepentingan dunia pendidikan, apalagi di wilayah 3 Cirebon, hanya YPSGJ yang memiliki fakultas kedokteran.

Agus Mulyadi Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon menjelaskan, hibah pemerintah ke dunia pendidikan tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2014, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permen) Nomor 19 Tahun 2016 dan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2017.

“Aturan tersebut jelas mengenai pengelolaan aset milik daerah dan mengenai hibah. Dengan dasar hukum yang ada kami pastikan sudah sesuai dengan aturan,” katanya usai rapat di Griya Sawala, Senin (8/06/20).

Agus Melanjutkan, untuk memastikan Pansus bersama Pemkot Cirebon harus berkonsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Namun butuh waktu mengingat Jakarta masih menerapkan PSBB.

“Kami ingin lebih jelas harus ada konsultasi dengan instansi terkait. Tapi harus sabar karena masih menerapkan PSBB di Jakarta dan menerapkan protokol Covid yang ketat,” katanya.

Menurutnya, hibah untuk dunia pendidikan akan berdampak luas, terlebih dalam kesepakatan hibah tertuang mengenai pemberian beasiswa bagi pelajar Kota Cirebon.

Ketua Pansus Hibah YPSGJ Cirebon, Edi Suripno mengatakan, dasar hukum yang disampaikan Pemkot Cirebon akan menjadi bahan kajian. Ia sepakat untuk berkonsultasi dengan BPK dan Kemenkeu, hal ini sebagai langkah kehati – hatian Pansus dalam mengambil keputusan.

“Semua masukan kami tampung nanti kami bahas di internal Pansus,” tuturnya.

Edi sepakat dengan komitmen memberikan beasiswa bagi pelajar Kota Cirebon. Fakultas Kedokteran merupakan jurusan dengan biaya yang cukup mahal, dengan adanya beasiswa akan lebih meringankan para pelajar Kota Cirebon yang berprestasi dan masuk ke fakultas kedokteran. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top