Connect with us

Pasca Unras UU Cipta Kerja, Aktivis Mahasiswa Cirebon Didatangi Orang Tak Dikenal

Berita Cirebon Radio

Pasca Unras UU Cipta Kerja, Aktivis Mahasiswa Cirebon Didatangi Orang Tak Dikenal

KESAMBI [89,2 CR] – Pasca aksi unjuk rasa UU Cipta Kerja di Kota Cirebon, aktivis mahasiswa diteror orang tak dikenal. Bukan hanya itu ada diantara mereka dibawa dan dibuntuti saat pulang ke rumah. Sebagai langkah antisipasi, terpaksa para mahasiswa berlindung di luar Kota Cirebon.

Tindakan tersebut dialami anggota BASIS Friendy Oktan, usai aksi dia dibawa berkeliling kota pada tengah malam. Selama perjalanan diinterograsi perihal organisasi yang terlibat sampai yang mendanai.

“Lagi nongkrong kemudian datang seseorang mehampiri kemudian memanggil, setelah itu dibawa ke dalam mobil. Sebagian besar sulit dikenal, selain malam, mereka juga memakai masker,” ungkapnya kepada awak media, Senin (12/10/20).

Selama perjalanan ia diintimidasi secara verbal. Setiap bertanya dengan nada keras , sambil lehernya diapit lengan. Tindakan tersebut dilakukan kurang lebih satu jam. Saat akan sampai rumah, baru dilepas oleh mereka.

“Saya sampaikan semuanya yang diketahui tapi mereka selalu minta jawaban lebih yang memang tidak saya ketahui,” tambahnya.

Hal serupa dialami Evi nur Falahudin. Saat pulang ke rumah ia merasa diikuti orang tak dikenal. Kecurigaan bertambah ketika diantara mereka bertanya soal aksi unjuk rasa secara detail.

“Saat itu ada yang menumpang ikut, katanya searah pulangnya, tapi sepanjang perjalanan menanyakan soal unjuk rasa ditambah ada yang mengikuti juga,” paparnya.

Di tempat yang sama salah satu tim advokasi untuk demokrasi, Furqon Nurzaman akan memberikan perlindungan hukum bagi mereka yang mendapat ancaman bahkan intimidasi. Aksi unjuk rasa untuk menyampaikan pendapat ada dalam undang-undang, namun jangan sampai kebebasan berpendapat di kekang.

“Jangan ada tindakan responsif, ancaman sampai membuat orang menjadi takut. Kami akui unjuk rasa berntrok, namun tidak patut jika yang unjuk rasa mendapat ancaman. Lakukan sesuai dengan aturan yang ada,” tegasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top