Connect with us

Pembentukan Dewan Famili Kesultanan Cirebon Bertujuan Untuk Meluruskan Sejarah

Berita Cirebon Radio

Pembentukan Dewan Famili Kesultanan Cirebon Bertujuan Untuk Meluruskan Sejarah

GUNUNG JATI [89,2 CR] – Ratusan masyarakat yang mengklaim sebagai keluarga besar keturunan Sunan Gunung Jati membentuk Dewan Famili Kesultanan Cirebon, di Desa Mertasinga, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon pada Minggu (23/8/20) .

Ketua Umum Dewan Famili Kesultanan Cirebon, Pangeran Basmudin Adji Arka Ningrat mengatakan, tujuan didirikannya forum ini untuk meluruskan sejarah di Kesultanan Cirebon.

“Kami tidak ingin mengubah hanya ingin menertibkan dan meluruskan sejarah yang selama ini tidak diketahui masyarakat,” ujar Basmudin.

Ia membantah Dewan Famili Kesultanan Cirebon dibentuk karena menjelang pelantikan PR Luqman Zulkaedin. Luqman direncanakan akan dilantik sebagai Sultan Sepuh XV pada 30 Agustus mendatang.

“Rencana kami ini sejak 11 tahun yang lalu, namun baru sekarang terealisasi. Di sini kemungkinan anggotanya tidak hnya ribuan tapi bisa jutaan,” tuturnya.

Forum ini lanjutnya, akan bersikap netral dalam persoalan di Kesultanan Kasepuhan. Setelah terbentuk, ia berharap permasalahan yang selama ini datang bisa selesai.

“Kami saat ini belum ada langkah apa-apa terkait apa yang terjadi di Keraton Kasepuhan. Kami masih netral. Tapi memang masih ada waktu kan, kami tidak akan segegabah itu,” ujarnya.

Sementara itu, Pendiri Dewan Famili Kesultanan Cirebon Raden Udin Kaenudin mengatakan, setelah terbentuknya Dewan Family Kasultanan Cirebon, akan ada langkah berikutnya.

“Cirebon harus lebih eksis termasuk soal pelestarian adat istiadat, aset kesultanan. Kita punya hak turun temurun semua, sepanjang punya silsilah,” katanya.

Sementara itu, Raden Rahardjo Djali yang belakangan mengukuhkan diri sebagai Sultan Polmak Keraton Kasepuhan juga turut hadir dalam pelantikan Dewan Famili Kesultanan Cirebon ini.

“Sejauh ini saya positif saja untuk dewan famili ini. Harapan saya sangat positif, kedepan meski ada beberapa kesultanan di Cirebon, tapi keluar dari Cirebon harus satu,” tuturnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top