Connect with us

Pemda Kota Cirebon Menargetkan 1 April 2021 BRT Kembali Beroperasi

Berita Cirebon Radio

Pemda Kota Cirebon Menargetkan 1 April 2021 BRT Kembali Beroperasi

KEJAKSAN [89,2 CR] – Rapat internal mengenai evaluasi rencana operasional Bus Rapid Transit (BRT) yang digelar bersama Dinas Perhubungan (Dishub) dan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan menyimpulkan sejumlah kesepakatan.

Secara terperinci, Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi menuturkan pada kesempatan itu antara lain, penugasan pengelolaan dan operasional BRT itu tetap dilakukan Peumda Pembangunan melalui mekanisme penugasan kepada BUMD.

“Rapat internal terkait BRT baru mengundang pihak yang terkait. Keputusannya operasional BRT tetap dilakukan Perumda Pembangunan,” ungkap Agus kepada awak media Jumat (22/01/21).

Kesepakatan selanjutnya, Dishub bersama Perumda Pembangunan membahas mengenai rute dan rencana besaran tarif yang akan diterapkan nanti. Dikatakan Agus, Dishub memang sudah menyiapkan konsep rute yang akan diterapkan, namun ada beberapa permintaan untuk menambah rute yang lebih gemuk, dengan tetap mengurangi resistensi dengan angkutan yang sudah ada.

“Rute dan tarif harus dibahas ulang. Ada ajuan tapi harus diperluas rutenya,” tambah dia.

Kesepakatan lain, menyepakati untuk memberikan subsidi tarif yang nanti akan dibahas oleh Badan Keuangan Daerah (BKD). Anggaran yang disediakan tengah dihitung sementara anggaran operasional telah disiapkan.

“Terkait mekanisme subsidi akan dilakukan oleh BKD, karena ada anggaran 500 juta untuk operasional dan balik nama,” jelas Agus.

Masih kata Agus, setiap hasil dan progres yang diupayakan masing-masing pihak akan dibahas secara berkala, dan setelah rapat kemarin, dua minggu ke depan akan kembali ada pertemuan untuk evaluasi.

“Target operasional BRT tanggal 1 April 2021, jadi kita kejar semua persiapan, kalau teknis seperti halte dan rambu, sudah dilakukan oleh Dishub, jadi secepatnya kita koordinasi dengan Organda, termasuk dengan Kabupaten Cirebon, tutupnya Agus. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top