Connect with us

Pemda Kota Cirebon Raih Penghargaan SPGDT Tingkat Nasional

Berita Cirebon Radio

Pemda Kota Cirebon Raih Penghargaan SPGDT Tingkat Nasional

KESAMBI [89,2 CR] – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon kembali menyabet Gold Sertifikat kategori Inovasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) Tingkat Nasional. Penghargaan ini didapat atas kerja keras Pemda Kota Cirebon yang mampu memfasilitasi Masyarakat nyaman, Pendatang Aman atau (Mapan)

Selain Mapan, Pemda Kota Cirebon juga terbaik dalam hal Sistem Respon Emergensi yang Guyub melibatkan semua Elemen melalui Pendekatan keluarga atau Sergap.

“Ini berkat inovasi Dinas Kesehatan (Dinkes) kepada warganya. Artinya program kami dapat diterima masyarakat,” kata Kepala Dinkes, Edy Sugiarto, Selasa (01/12/20).

Dua komponen ini lanjut Edy, menjadi pertimbangan penguji dalam memutuskan apakah daerah tersebut layak mendapat penghargaan atau tidak.

“Ini sudah diuji dengan kami, diskusi melalui virtual meeting. Penilaian yang di uji pemberdayaan masyarakatnya, dan kemampuan mencetak kader sebanyak 320 orang dengan biaya pertahun sebesar Rp.300 juta sudah termasuk untuk menggaji 12 karyawan,” jelasnya

Kata Edy, Gold Sertifikat hanya diberikan pada satu daerah di Jawa Barat dari total keseluruhan sebanyak tiga Gold Sertifikat tersebar diseluruh wilayah di Indonesia.

“Artinya Kota Cirebon terbaik diposisi ke 2 di Indonesia, yang pertama Tulung Agung, kedua Kota Cirebon dan ketiga DKI Jakarta. Jika Jakarta menghabiskan anggaran sebesar Rp.25 Miliyar, Kota Cirebon hanya Rp.300 juta pertahun untuk pengelolaan Public Safety Center (PSC),” paparnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top