Connect with us

Pemeriksaan GeNose C19 Tingkatkan Jumlah Penumpang Di Daop 3 Cirebon

Berita Cirebon Radio

Pemeriksaan GeNose C19 Tingkatkan Jumlah Penumpang Di Daop 3 Cirebon

KEJAKSAN [89,2 CR] – Masyarakat sangat mengapresiasi dengan adanya layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun. Dengan tarif 20 ribu, PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat sudah melayani 3.496 penumpang.

Sementara untuk pelayanan Tes Rapid antigen dengan tarif 105 ribu di Stasiun Cirebon, dari tanggal 15 Februari 2021 sampai dengan 1 Maret 2021 telah melayani 336 penumpang.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto mengatakan, kehadiran layanan tes GeNose telah memberikan pilihan kepada para penumpang dalam memilih layanan tes bebas COVID-19, di samping layanan tes Rapid Antigen yang sudah tersedia sebelumnya. Saat ini di Wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon telah tersedia layanan Test Rapid Antigen di Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang.

“Mulai pada tanggal 9 Februari 2021, pelanggan yang hendak menggunakan Kereta Api Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan,” katanya kepada awak media, Selasa (2/03/21).

Aturan tersebut sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 20 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian pada masa Pandemi dan Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri.

“Bagi para penumpang KA Jarak Jauh, itu berupa Surat keterangan dengan hasil *”Negatif”* dari tes GeNose C19 atau Rapid Test Antigen. Sementara untuk anak – anak di bawah usia 5 tahun tidak diwajibkan,” ujarnya.

Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan hasil akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19. Pada saat pelaksanaan calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Jika nanti didapatkan hasilnya positif, calon penumpang tidak diperbolehkan naik Kereta Api. Tiket dapat dibatalkan melalui loket khusus atau melalui WhatsApp KAI121 di 081-1121-11121 dan uang tiket akan dikembalikan penuh. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top