Connect with us

Pemilihan Calon Komisi Informasi Kota Cirebon Masuk Tahap Uji Kompetensi

Berita Cirebon Radio

Pemilihan Calon Komisi Informasi Kota Cirebon Masuk Tahap Uji Kompetensi

KESAMBI [89,2 CR] – Seleksi Anggota Calon Komisi Informasi (KI) Kota Cirebon masuk pada tahapan uji kompetensi. Ada 57 orang yang dinyatakan lulus administrasi dari 72 orang yang mendaftar. Mereka yang lulus nantinya akan mengikuti serangkaian tahapan seleksi sampai bulan April nanti.

Panitia calon KI, Setia Herawaty S.Sis.MSi menyampaikan, setelah uji kompetensi ada 14 hari untuk menerima masukan dan saran dari masyarakat. Selanjutnya Panitia seleksi akan menentukan 40 orang yang lolos untuk mengikuti piskotes, dinamika kelompok dan wawancara. Setelah itu menentukan kembali 15 orang terbaik yang masuk tahap berikutnya.

“Panitia seleksi ada 5 orang dari akademisi, media, Pemerintah Kota Cirebon dan KI Jabar. Para peserta wajib mengikuti semua tahapan seleksi,” ujar Hesty panggilan akrabnya disela-sela kegiatan seleksi, Kamis (18/03/21).

Nantinya lanjut Hesty, 15 orang yang lolos akan persentasi kepada Komisi I DPRD Kota Cirebon. Dari jumlah itu akan ditentukan 5 Calon Anggota KI yang lolos seluruh tahapan seleksi.

“Rekomendasi dari DPRD akan menentukan mana yang layak menjadi anggota,” tururnya.

Nantinya kata Hesty, KI bertugas menerima, memeriksa dan memutuskan penyelesaian sengketa informasi publik melalui mediasi atau ajudikasi non litigasi yang diajukan setiap pemohon.

“Tugas KI untuk menyelesaikan sengketa yang disebabkan informasi publik dengan prosedur dan aturan yang berlaku. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top