Connect with us

Pemkot Cirebon Dukung Sosialisasi Program CBP Rupiah di Dunia Pendidikan

Berita Cirebon Radio

Pemkot Cirebon Dukung Sosialisasi Program CBP Rupiah di Dunia Pendidikan

KESAMBI – Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati menghadiri peluncuran program kerja Learning and Transformation (Lentera) Cinta, Bangga dan Paham (CBP) Rupiah di aula Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Jumat (24/3).

CBP merupakan program kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Kegiatan tersebut juga turut diselenggarakan Training of Trainer (ToT) yang diikuti para guru sebagai pesertanya.

Eti mendorong pemaparan para pemateri ToT harus disimak dengan baik agar nanti bisa ditularkan kepada masyarakat khususnya pelajar di Kota Cirebon. Beberapa tahun lalu, lanjut Eti, metode 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang) gencar disosialisasikan.

“Saat ini, pengetahuan tentang rupiah ditambah dengan 5J (Jangan Dilipat, Jangan Diremas, Jangan distaples, Jangan Dicoret, dan Jangan Dibasahi). Karena harus digunakan dan dirawat dengan baik. Karena rupiah adalah mata uang resmi Indonesia,” katanya.

Eti berharap, pengetahuan tentang rupiah bisa ditularkan ke pelajar. Sehingga, mereka akan akan merasa bangga memiliki, memahami, dan menggunakan mata uang rupiah. Selain itu, program tersebut juga disosialisasikan ke seluruh pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Cirebon.

Di tempat yang sama, Kepala Disdik Kota Cirebon, Kadini mengatakan, pihaknya sudah meminta KPw BI Cirebon sosialisasi ke sekolah. Menurutnya, langkah tersebut lebih efektif karena bertemu langsung dengan pelajar.

“Guru akan didampingi KPw BI Cirebon sosialisasi ke para pelajar. Dengan CBP Rupiah, pelajar di Kota Cirebon akan lebih hati-hati menggunakan rupiah dan merawatnya dengan baik. Jika sudah tahu pasti akan dijaga dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo mengungkapkan, sosialisasi CBP Rupiah sengaja menyasar ke dunia pendidikan di Kota Cirebon. Tujuannya agar generasi muda lebih memahami arti rupiah sesungguhnya.

Dijelaskannya, dalam skala nasional tagline tersebut sudah disosialisasikan ke seluruh masyarakat. Hestu menegaskan, selain rupiah, mata uang jenis apa pun tidak berlaku di Indonesia.

“Rupiah juga bisa digunakan untuk investasi. Hanya harus dipergunakan dan dirawat dengan baik. Dipergunakan untuk membeli produk dalam negeri sesuai dengan program pemerintah,” pungkasnya. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top