Connect with us

Pemkot Cirebon Melarang Takbiran Keliling Malam Lebaran

Berita Cirebon Radio

Pemkot Cirebon Melarang Takbiran Keliling Malam Lebaran

KEJAKSAN – Takbiran keliling menjelang Idul Fitri 1442 H/2021 M dilarang dilakukan di Kota Cirebon. Sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Wali Kota Cirebon Nomor 450.11/42-KESRA Tentang Pedoman Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M Pada Saat Pandemi Covid-19 di Kota Cirebon bertanggal 10 Mei 2021.

“Kegiatan takbiran keliling ditiadakan untuk mengantisipasi keramaian dan mencegah penyebaran Covid-19,” tutur Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, Rabu (12/5).

Takbiran dapat disiarkan secara virtual dari masjid dan mushalah sesuai dengan ketersediaan perangkat di masing-masing tempat. Hanya, imbuhnya, takbiran di masjid dan musala digelar terbatas.

Selain itu, wajib menerapkan standar protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Diantaranya memakai masker, menjaga jarak dan lain sebagainya.

“Pelaksanaannya terbatas, maksimal 10 persen dari kapasitas masjid dan musala. Kami juga meminta agar memperhatikan protokol kesehatan secara ketat,” paparnya.

Takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri secara prinsip dapat dilaksanakan di semua masjid dan mushalah untuk mengagungkan nama Allah SWT sesuai perintah agama.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Cirebon, Moh. Ahsan, menuturkan takbiran keliling juga dilarang Menag untuk mengantisipasi munculnya keramaian masyarakat. Bahkan, terdapat surat edaran dari Kemenag pusat mengenai larangan tersebut.

“Takbiran keliling lebaran tahun ini tidak dibolehkan jika mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor SE.07 Tahun 2021 Tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 di Saat Pandemi Covid-19,” jelasnya. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top