Connect with us

Pengrajin Batik Lokal Garap Seragam Baru ASN Kabupaten Cirebon

Berita Cirebon Radio

Pengrajin Batik Lokal Garap Seragam Baru ASN Kabupaten Cirebon

SUMBER [89,2 CR] – Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) Kabupaten Cirebon melibatkan ratusan pengrajin batik dalam penggarapan Batik Mande Praja Caruban sebagai seragam batik pemerintah Kabupaten Cirebon. Hal ini dilakukan guna merangsang perekonomian para pembatik di tengah pandemi Covid-19.

Muhammad Ferry Afrudin Kepala Dinkop UMKM Kabupaten Cirebon menuturkan, sebanyak 378 pengrajin batik akan membuat motif batik tersebut. Proses pengerjaan harus dilakukan dengan cara ditulis bukan di cetak apalagi di sablon.

“Kami ingin batik yang digunakan benar – benar asli pengrajin batik. Ada ratusan pengrajin batik yang menggarap batik Mande Praja Caruban,” katanya kepada awak media, Rabu (24/06/20).

Lebih lanjut Fery menjelaskan, batik yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah ASN di lingkungan Pemda Kabupaten Cirebon. Oleh sebab itu harus dikerjakan oleh seluruh pengrajin batik se Kabupaten Cirebon.

“Bukan hanya pengrajin Trusmi saja, tetapi pengrajin Ciwaringin, Tengah Tani, dan Panembahan. Karena jumlahnya banyak maka harus dikerjakan bersama – sama,” tambah dia.

Mantan Camat Plumbon ini menambahkan, teknis di lapangan satu pengrajin batik hanya diberikan tugas membatik tulis motif ini sebanyak 35-40 kain bahan. Pengrajin batik tidak diberikan target pengerjaan, khawatir mempengaruhi kualitas proses pengerjaan.

“Sekarang sudah ada yang sedang produksi. Dan kita tidak berikan target pengerjaannya,” pungkasnya.

Seperti diketahui Batik Mande Praja Caruban merupakan motif seragam batik Pemerintah Kabupaten Cirebon yang baru. Batik Mande Praja Caruban yang memiliki arti tempat pemerintahan Cirebon akan menggantikan seragam batik merah yang selama ini sudah digunakan sebagai pakaian dinas PNS atau ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top