Connect with us

Penyerapan BTT Dinkes Kota Cirebon Minim, Pansus Covid-19 Angkat Bicara

Berita Cirebon Radio

Penyerapan BTT Dinkes Kota Cirebon Minim, Pansus Covid-19 Angkat Bicara

KEJAKSAN [89,2 CR] – Berdasarkan data dari Badan Keuangan Daerah (BKD), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon terendah penggunaan Belanja Tidak Terduga (BTT). Penyerapan anggaran baru 24,5 persen atau 3,8 Miliar dari anggaran total 15,8 Miliar. Terkait persoalan ini Pansus Covid-19 DPRD Kota Cirebon angkat bicara.

Wakil Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Cirebon dr Doddy Ariyanto menilai Dinkes dan RSUD Gunung Jati tidak ada sinergi. Terbukti rapid test massal yang semula gencar kini tidak dilakukan, berganti dengan swab test massal. Jika keduanya berjalan maka penyerapan anggaran bisa maksimal dan pencegahan bisa dilakukan sejak dini.

“Sekarang rapid test distop padahal dari rapid test yang reaktif bisa ditindaklanjuti dengan swab test. Sekarang swab test massal di gedung BKKBN. Itu untuk masyarakat atau hanya orang yang mengetahui saja,” tegas Doddy kepada awak media, Jumat (19/06/20).

Politisi partai PPP juga mempertanyakan anggaran ruang isolasi di BKKBN dari anggaran 7,1 M hanya baru digunakan 650 Juta. Padahal berdasarkan pemaparan Dinkes ruangan ini untuk mereka yang diisolasi akan mendapatkan kompensasi.

“Dengan anggaran yang begitu besar harusnya bisa digunakan dengan maksimal, nyatanya penyerapan belum maksimal,” ujarnya.

Dinkes Kota Cirebon lanjut Doddy, minim sosialisasi ke masyarakat. Wajar ada penolakan dari para pedagang di pasar Jagasatru karena takut rapid test. Jika sosialisasi dilakukan secara masif, hal tersebut tidak akan terjadi.

“Baliho dan spanduk bagi yang lihat, kalau yang ada di perkampungan, bagaimana bisa tahu. Kemudian saat rapid test massal, masyarakat juga jarang mengetahui,” paparnya.

Pansus Covid-19 DPRD Kota Cirebon mendorong Pemkot Cirebon melakukan realokasi anggaran BTT. Hal ini dianggap perlu, dari pada anggaran yang besar namun tidak digunakan secara maksimal.

“Kami dorong realokasi, untuk apa besar anggaran tapi penyerapan minim,” tandas dia. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top