Connect with us

Petambak Udang Vaname di Kabupaten Cirebon Berhasil Panen 1 Ton

Berita Cirebon Radio

Petambak Udang Vaname di Kabupaten Cirebon Berhasil Panen 1 Ton

MUNDU [89,2 CR] – Senyum merekah terlihat di bibir Toangga, pria ini merupakan Ketua Kelompok Budidaya Udang Vaname Segara Biru, Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, yang merupakan mitra binaan Cirebon Power.

Toangga sedang bahagia, pasalnya, udang yang dibudidayakannya, sudah berhasil dipanen. Jumlahnyapun tidak sedikit. Diperkirakan, panen udang pertamanya itu, berjumlah sekitar satu ton.

Bukan hal yang mudah untuk bisa mencapai keberhasilan ini. Kelompoknya, sempat mengalami kegagalan hingga dua kali. Beruntung, untuk ketiga kalinya, ia bersama rekan-rekan di kelompoknya, bisa merasakan panen yang cukup besar.

“Alhamdulillah, sekarang bisa panen. Senang sekali,” ujar Angga, Kamis (9/7/20).

Angga mengaku, keberhasilan budidaya ini, salah satunya berkat andil dan dukungan dari Cirebon Power. Menurut Angga, Cirebon Power sangat maksimal dalam memberikan dukungan kepada kelompoknya. Baik itu dari segi fasilitas, maupun memberikan pendampingan kepada tim ahli.

Dengan memanfaatkan tambak seluas 50 x 12 meter yang berlokasi tak jauh dari pembangkit Cirebon Power, Angga bersama sejumlah anggota lainnya membudidayakan benur udang vaname sebanyak 70 ribu benih.

Setelah dibudidaya selama tiga bulan, hasil tambak tersebut akhirnya bisa berhasil dipanen. Udang hasil panennya pun langsung dipesan oleh pedagang.

“Langsung dipesan oleh pedagang dari Indramayu. Udangnya langsung diangkut setelah panen. Hasil panennya sekitar satu ton,” kata Angga.

Senior Corporate Affairs Manager Cirebon Power, Yusuf Arianto, mengaku ikut bangga dengan berhasilnya panen budidaya udang vaname ini. Menurut Yusuf, pihaknya memang memiliki program, untuk mengembangkan mata pencaharian masyarakat. Salah satunya, adalah dukungan terhadap budidaya udang vaname.

Dukungan yang diberikan, salah satunya adalah pembiayaan dan pinjaman dana bergulir. Dimana dana bergulir ini, ketika sudah dibayarkan, maka akan kembali digunakan untuk mendukung kegiatan ini kembali.

“Nanti, uangnya akan kembali digulirkan untuk mendukung kegiatan ini,” kata Yusuf.

Yusuf juga berharap, budidaya ini bisa berkembang dan bisa menambah jumlah tambak yang digunakan. Selain itu, ia juga berharap kelompok ini, nantinya bisa berbagi pengalaman kepada masyarakat lainnya.

Yusuf juga menyatakan komitmennya untuk terus memberikan dukungan terhadap budidaya ini, guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pembangkit. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top