Connect with us

Polres Ciko Putar Balikkan Pemudik yang Tidak Membawa Surat Negatif Covid-19

Berita Cirebon Radio

Polres Ciko Putar Balikkan Pemudik yang Tidak Membawa Surat Negatif Covid-19

LEMAHWUNGKUK – Polres Cirebon Kota memutar balikkan pemudik dari arah Jateng menuju DKI Jakarta yang tidak membawa surat negatif Covid-19, Sabtu (15/5). Para pemudik tersebut diputar balikkan di Pos Check Point Kalijaga Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon.

Kasat Lantas Polres Ciko, AKP La Ode Habibi Ade Jama mengungkapkan pada penyekatan arus balik pihaknya tidak memutar balikkan pemudik yang melintasi Kota Cirebon. Namun, menyediakan pemeriksaan rapid test antigen gratis kepada pemudik.

“Pemudik yang tidak dilengkapi surat negatif Covid-19 dan enggan diperiksa rapid antigen baru diputar balik. Saat ini kami sudah memutar balik 40 – 50 pemudik,” terangnya.

Diungkapkannya pemudik yang diputar balik rata-rata merupakan pengendara sepeda motor. Meski tidak memiliki surat negatif Covid-19 mereka enggan mengikuti pemeriksaan rapid test antigen tersebut.

Ia menuturkan penyekatan pada arus balik juga difokuskan di Pos Check Point Kalijaga yang menjadi pintu masuk utama dari Jateng menuju berbagai daerah diantaranya Subang, Karawang, Purwakarta, hingga Jakarta.

“Sehingga kami maksimalkan penyekatan dipos Kalijaga ini. Nantinya penebalan personel juga dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan pemudik di jalur pantura,” jelasnya.

Mengenai prediksi puncak arus balik, diungkapkannya diperkirakan berlangsung mulai Sabtu malam hingga besok. Selain itu, rapid test antigen yang berlangsung di pos check point Kalijaga juga dilaksanakan secara acak kepada pemudik yang melintas.

“Sasaran utamanya memang pengendara plat luar daerah, sedangkan kendaraan bernomor polisi E dipersilahkan meneruskan perjalanannya. Dari pantauan di lapangan juga arus balik sudah mulai terlihat,” pungkasnya. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top