Connect with us

Polresta Cirebon Sediakan Layanan Rapid Test Antigen Bagi Pengendara Dari Luar Daerah

Berita Cirebon Radio

Polresta Cirebon Sediakan Layanan Rapid Test Antigen Bagi Pengendara Dari Luar Daerah

SUSUKAN – Polresta Cirebon menyediakan layanan rapid test antigen bagi pengemudi kendaraan bermotor berpelat nomor luar daerah yang melintasi Kabupaten Cirebon dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta. Pemeriksaan tersebut dilaksanakan di Pos Penyekatan Rawagatel, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon, Sabtu (15/5).

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi, mengatakan, sejak pagi hingga siang ini rapid test antigen tersebut dilaksanakan kepada 55 pengemudi kendaraan bermotor. Hasilnya, terdapat dua orang yang dinyatakan reaktif.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinkes daerah asal pengemudi tersebut, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Brebes. Data-data mereka juga telah dikirimkan melalui WhatsApp sehingga langsung ditindaklanjuti,” tuturnya.

Ia mengatakan, keduanya juga langsung dikembalikan ke daerah asalnya dan tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan karena hasil rapid test antigennya dinyatakan reaktif. Selain itu, mereka pun akan menjalani tes PCR untuk memastikan kondisinya apakah positif atau negatif Covid-19.

Menurutnya, pemeriksaan rapid test antigen tersebut dilakukan secara acak. Pihaknya menginginkan pengemudi kendaraan bermotor yang melintas di Kabupaten Cirebon dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta terbebas dari Covid-19.

Jika hasil pemeriksaan rapid test antigennya reaktif, maka pengemudi tersebut diperkenankan melanjutkan perjalanannya. Selain itu, mereka juga akan diberikan surat keterangan sebagai bukti telah mengikut rapid test antigen dan hasilnya nonreaktif.

“Kendaraannya juga dipasangi stiker khusus untuk menandakan yang bersangkutan sudah mengikuti rapid test antigen di Kabupaten Cirebon. Pemeriksaan antigen ini juga dilaksanakan di Indramayu, Subang, Karawang, dan lainnya, sehingga kami tidak memeriksa semua pengendara, karena akan ada pemeriksaan lagi di tempat lain,” ungkapnya.

Pihaknya menargetkan dalam sehari terdapat 100 – 300 pengemudi kendaraan bermotor yang mengikuti rapid test antigen tersebut. Jajarannya juga telah menyiapkan perangkat rapid test antigen cukup banyak untuk memeriksa pengendara secara acak.

Selain itu, Syahduddi memastikan dalam arus balik kali ini tidak memutarbalikkan kendaraan karena difokuskan pada pemeriksaan rapid test antigen terhadap para pengendara. Ia memprediksi puncak arus balik di wilayah Kabupaten Cirebon terjadi pada Minggu (16/5) siang hingga malam.

“Kami juga sudah menyiapkan antisipasinya, dari mulai penebalan personel hingga beberapa kegiatan terkait rapid test antigen,” katanya. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top