Connect with us

Polresta Cirebon Simulasi Bencana Di Tengah Pandemi Covid-19

Berita Cirebon Radio

Polresta Cirebon Simulasi Bencana Di Tengah Pandemi Covid-19

Kab Cirebon (89,2 CR) – Polresta Cirebon menggelar simulasi penanganan Korban Bencana Alam ditengah pandemi virus corona (Covid-19). hal tersebut dilakukan guna mencegah penularan virus Covid 19, terhadap anggota Polresta Cirebon yang bertugas melakukan penanganan langsung terhadap korban bencana alam.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol. M. Syahduddi, S.I.K., M.Si. melalui Paur Urkes Ipda Ilyas didampingi Kasat Sabhara Polresta Cirebon Kompol Tutu Mulyana mengatakan, simulasi ini digelar untuk melatih personel yang tergabung dalam Tim Sabhara Polresta Cirebon tentang tata cara mengurus jenazah korban bencana alam ditengah wabah Covid 19.

“Kami tetap mempersiapkan diri meski di tengah pandemi Covid-19. Ada protokol yang harus terpenuhi agar tidak tertular,” ujarnya, Kamis (30/04/20).

Simulasi ini memperagakan berbagai tahapan mulai dari korban meninggal ketika terjadi bencana alam, hingga proses pembungkusan jenazah yang menggunakan plastik dan penyemprotan cairan disinfektan.

Simulasi diperagakan sesuai standar yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan dan WHO mulai dari pemasangan garis polisi, pemakaian alat pelindung diri, sesuai standar WHO, hingga pembungkusan jenazah dengan menggunakan plastik.

” yang kita praktekan, mulai dari pemakaian alat pelindung diri hingga pembungkusan plastik, semua sudah standar dari WHO ” ungkap Ilyas.

Dijelaskan juga, dalam Simulasi ini merupakan langkah yang dilakukan Polresta Cirebon untuk meminimalisir penularan Virus Covid 19, terhadap para anggota Polresta yang bertugas dan berkotak langsung dilapangan.

“Simulasi ini untuk memudahkan tim yang terlibat saat menangani jenazah jika terjadi nantinya. Kemudian setelah dilakukan sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan ” tandasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top