Connect with us

Program BPR Milik Kabupaten Cirebon Diharapkan Bantu Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

Berita Cirebon Radio

Program BPR Milik Kabupaten Cirebon Diharapkan Bantu Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

SUMBER – Program-program unggulan yang digulirkan Perumda BPR Kabupaten Cirebon diharapkan dapat membantu masyarakat di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Hal tersebut diungkapkan Sekda Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno saat menghadiri rapat pleno Tim Percepatan Keuangan Akses Daerah (TPAKD) Kabupaten Cirebon, Rabu (24/11).

“Seluruh program yang digulirkan ini bertujuan supaya masyarakat tetap dapat menjalankan usahanya. Karena kita tahu pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor usaha,” katanya.

Ia menjelaskan, Kabupaten Cirebon pada dasarnya sudah memiliki sejumlah produk perbankan yang selaras dengan percepatan akses keuangan daerah yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

Beberapa produk tersebut di antaranya, Program Kredit Pedagang Pasar Tradisional Sing Utama (Keppincut) yang digulirkan olrh Perumda BPR Kabupaten Cirebon (Bank BKC) sejak bulan April 2021.

Program tersebut, lanjut dia, yakni peminjaman modal kepada pedagang dengan sistem pembayaran mingguan. Namun, dipastikan bunga pinjamannya rendah tidak karena bertujuan membantu masyarakat.

“Program ini memang bertujuan membantu masyarakat dan untuk memberantas rentenir. Kami menargetkan pertumbuhan kreditnya mencapai Rp 1,36 miliar,” paparnya.

Sementara itu, BPR Astanajapura memiliki dua program unggulan, di antaranya program untuk pedagang pasar (Kipas) dan produk pinjaman untuk rakyat (Pantura). Kedua program tersebut digulirkan sejak Maret 2021.

Dalam rapat tersebut hadir Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon Fredly Nasution, Deputi Bidang Pemberdayaan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Cirebon Tri Adi, Direktur Operasional Perumda BPR Kabupaten Cirebon (Bank BKC) Asna dan sejumlah pejabat lainnya. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top