Connect with us

PT Taru Mas Baja Nusantara Akan Revitalisasi Pasar Kanoman Kota Cirebon

Berita Cirebon Radio

PT Taru Mas Baja Nusantara Akan Revitalisasi Pasar Kanoman Kota Cirebon

KESAMBI [89,2 CR] – Revitalisasi Pasar Kanoman, Kota Cirebon rencananya dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang. PT Taru Mas Baja Nusantara sebagai investor yang akan mengerjakan revitalisasi pasar tersebut.

Plt Direktur Utama Perumda Pasar Berintan Kota Cirebon, Ir Vicky Sunarya menjelaskan, anggaran yang disiapkan oleh PT Taru Mas sebesar 70 Miliar dengan proses pengerjaan selama 18 bulan atau 1,5 tahun. Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan draft perjanjian dengan konsultasi kepada dinas terkait.

Lagi disusun draft perjanjian, kami konsultasi dengan bagian hukum, aset dan instansi lainnya agar tidak ada kerancuan dalam surat perjanjian,” ujarnya kepada awak media.

Masih kata Viky, pihaknya telah berkoordinasi dengan Keraton Kanoman, baik mengenai proses relokasi, pembangunan hingga proses rampung. Bahkan desain bangunan pasar telah disepakati oleh pihak keraton.

“Tentunya pihak ketiga telah berkoordinasi dengan keraton. Kami hanya memfasilitasi jika memang butuh koordinasi dengan pihak-pihak lain,” tuturnya.

Sementara itu di tempat yang sama Direktur Operasional dan Usaha Perumda Pasar Berintan, Maman Suryaman SSos menjelaskan, dari 7000 meter lahan di pasar Kanoman, 1900 meter merupakan milik dinasnya. Perumda Pasar Berintan hanya mengelola pasar dan parkir, pihak ketiga yang berwenang menjual tempat.

“Setelah jadi nantinya kami hanya mengelola, pedagang akan membeli tempat yang baru kepada pihak ketiga, teknisnya antara pedagang dan pihak ketiga,” jelasnya.

Jumlah pedagang di Pasar Kanoman sendiri sampai dengan ini sebanyak 1400 pedagang, sementara daya tampung setelah di revitalisasi sebanyak 1800 tempat. Setelah direvitalisasi akan tersedia parkiran dan bangunan akan lebih tertata.

Terkait PT inti, perusahaan yang gagal revitalisasi Pasar Kanoman, PT Taru Mas Baja Nusantara telah membuat perpanjian baru. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top