Connect with us

Puslitbang Bimas Agama Kemenag RI Ajak DKM dan Ormas Budidaya Ikan

Berita Cirebon Radio

Puslitbang Bimas Agama Kemenag RI Ajak DKM dan Ormas Budidaya Ikan

KEDAWUNG – Pusat Penelitan dan Pengembangan (Puslitbang) Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar pelatihan pemberdayaan ekonomi umat melalui budidaya ikan tawar dan hidroponik di Hotel Aston, Cirebon, Sabtu (11/9).

 

Kasubag TU Puslitbang Bimas Agama Kemenag RI, Rizki Riyadu Topeq mengungkapkan, tujuannya yakni untuk membangun pemberdayaan ekonomi umat berbasis masjid dan tokoh agama. Selain itu, sebagai respon pemulihan ekonomi menyongsong pasca pandemi.

Topeq menjelaskan jika Puslitbang Bimas Kemenag RI tidak hanya bergerak pada persoalan keagamaan seperti moderasi dan pencegahan radikalisasi agama saja. Namun juga melakukan upaya pemberdayaan ekonomi bagi komunitas maupun lembaga.

“Pesertanya berasal dari perwakilan DKM dan ormas agama wilayah Cirebon dan Indramayu. Kita sengaja memilih peserta dari lembaga yang sudah memiliki pemberdayaan,” jelasnya.

Para peserta nantinya akan diberikan pemahaman bagaimana mengembangkan budidaya ikan tawar dan hidroponik oleh para pelaku usaha sekaligus praktik dan melihat langsung.

“Pematerinya tak hanya ahli teoritis saja. Namun mereka adalah praktisi yang telah memiliki budidaya. Jadi akan ada tindak lanjut pasca pelatihan,” tambahnya.

Topeq juga mengungkapkan, alasan memilih pelatihan budidaya dikarenakan lebih mudah dan ringan bagi para lembaga. Meskipun pada pelatihan ini, nantinya hanya stimulan.

Namun setidaknya akan memicu geliat kembali usaha bagi para lembaga maupun komunitas untuk mengembangkan ekonomi keumatan. Pelatihan tersebut menjadi pilot projek pemberdayaan yang pertama di Indonesia.

“Rencananya kami akan menggelar kegiatan ini di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk yang sekarang kita akan lihat bagaimana hasilnya. Kita akan evaluasi per tiga bulan nanti,” pungkasnya. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top