Connect with us

Rampungkan DTKS, DSPPPA Siapkan Strategi Khusus

Berita Cirebon Radio

Rampungkan DTKS, DSPPPA Siapkan Strategi Khusus

KESAMBI – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon masih menyusun Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) warga Kota Cirebon. Berbagai macam strategi telah disiapkan untuk mempercepat proses perampungannya.

Kepala Bidang Sosial DSPPPA Kota Cirebon, Aria Dipahandi mengaku, memiliki strategi dalam melakukan verifikasi dan validasi DTKS. Yakni dengan mengirimkan semua data penerima bantuan dari dinas sosial ke setiap kelurahan.

“Apabila ada pembagian bantuan, kemudian ada warga yang tidak dapat, harus lapor ke kelurahan. Dari situ kita sesuaikan dengan DTKS yang ada,” jelasnya, Kamis (9/6/2021).

Selain itu, Aria juga mengatakan, bahwa kriteria warga tidak mampu juga ada pergeseran di masa pandemi Covid-19. Misalnya rumah layak tapi tidak memiliki pekerjaan dikarenakan pandemi membuat banyak warga terdampak bahkan hingga dipecat dari tempat kerjanya.

Ia mengakui verifikasi dan validasi DTKS yang dilakukan DSPPPA mengalami kendala di lapangan, khususnya dikarenakan tidak adanya anggaran. Sehingga proses verifikasi dan validasi tersebut belum selesai.

Data awal warga yang masuk DTKS pada 2015 berjumlah 28.138 orang, tetapi setelah dilakukan verifikasi dan validasi hingga Desember 2020 datanya berubah menjadi 18.854 orang. Sehingga tersisa 9.284 orang yang belum terdata karena ketiadaab anggaran.

Ia mengungkapkan, masih ada data warga tidak mampu non-DTKS yang perlu dilakukan validasi dan verifikasi, yakni mencapai 15 ribu orang dan setelah diperiksa pemerintah pusat menjadi sekitar 14 ribu.

“Kami akan berupaya maksimal merampungkan validasi dan verifikasi DTKS. Dengan strategi yang sudah disiapkan mudah-mudahan selesai secepatnya,” pungkasnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top