Connect with us

Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-653 Cirebon, DPRD: Dukung dan Wujudkan Visi SEHATI

Berita Cirebon Radio

Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-653 Cirebon, DPRD: Dukung dan Wujudkan Visi SEHATI

KEJAKSAN – Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Cirebon memperingati Hari Jadi ke-653 Cirebon berlangsung khidmat, di Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, Sabtu (30/7).

Memimpin jalannya rapat paripurna, Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati menyampaikan, momentum Hari Jadi Cirebon yang diperingati setiap tanggal 1 Muharam atau tahun baru hijriah patut dimaknai untuk meneladani para pendiri Cirebon.

Oleh karena itu, Fitria mengajak kepada seluruh warga Kota Cirebon untuk senantiasa bersyukur dan berterima kasih kepada para pendahulu yang telah mendirikan dan membangun Cirebon.

“Banyak makna dan hikmah dari peringatan hari jadi ini. Momentum ini pun sebagai bentuk penghargaan kepada para leluhur dan yang sudah membangun Cirebon hingga seperti sekarang. Karena sejarah adalah sumber ilmu, sumber kebijaksanaan, dan sumber kekuatan,” ujarnya.

Fitria juga menyampaikan, peringatan Hari Jadi Cirebon juga sebagai momentum bertafakur, introspeksi, evaluasi serta refleksi terhadap kiprah dan peran seluruh elemen masyarakat dalam membangun dan memajukan Kota Cirebon.

“Hari Jadi Cirebon yang ke-653 dengan tema Cirebon Ngobeng Yuh ini, kami mengajak bersama-sama mendukung dan mewujudkan visi Kota Cirebon SEHATI. Yaitu, sehat, hijau, agamis, tentram dan inovatif. Mari kita semua wujudkan Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah,” paparnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis menyampaikan, momentum peringatan Hari Jadi ke-653 Cirebon ini menjadi sarana evaluasi dan refleksi atas pengabdian dan karya bakti seluruh perangkat pemerintahan kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Ia menambahkan, tahun 2022 merupakan tahun keempat kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota, Eti Herawati yang selama ini didukung oleh kemitraan dan berkolaborasi secara harmonis dan sinergis dari seluruh pemangku kepentingan. Terutama jajaran legislatif dan Forkopimda Kota Cirebon.

“Melalui kemitraan dan kolaborasi tersebut, alhamdulillah, beberapa capaian dan prestasi berhasil kita raih. Di antaranya Kota Cirebon berhasil mengendalikan inflasi tahun 2021 sebesar 1,81 persen. Kemudian, IPM Kota Cirebon tahun 2021 merupakan IPM tertinggi di wilayah Ciayumajakuning, serta peringkat 6 se-Jawa Barat yaitu sebesar 75,25 poin,” ujarnya.

Azis menegaskan, peringatan Hari Jadi ke-653 Cirebon ini memiliki semangat ngobeng. Artinya, semua lapisan masyarakat harus berkomitmen dan mengaktualisasikan kerja sama dan gotong royong dengan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari.

“Gotong royong harus diaktualisasikan dalam berkerja sehari-hari. Gotong royong harus kita wujudkan dalam sebuah tindakan yang nyata, yaitu membangun dan membawa kemajuan bagi Kota Cirebon,” tutur Azis.

Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-653 Cirebon juga diisi acara pembacaan sejarah singkat Cirebon oleh Ratu Raja Arimbi Nurtina dari Keraton Kanoman, pemotongan tumpeng oleh Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati dan diberikan kepada Wali Kota Cirebon, serta pemberian apresiasi kepada atlet berprestasi Kota Cirebon. [CR01]

Pada Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-653 itu juga menyempatkan tokoh masyarakat Cirebon, Eddy Junaedy Danu menyampaikan kisah yang dapat menginspirasi masyarakat Kota Cirebon.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top