Connect with us

Raperda Retribusi Jasa Umum Kota Cirebon Masih Tunggu Evaluasi Kemenkeu

Berita Cirebon Radio

Raperda Retribusi Jasa Umum Kota Cirebon Masih Tunggu Evaluasi Kemenkeu

KEJAKSAN [89,2 CR] – Ketua Komisi 1 DPRD Kota Cirebon, Imam Yahya mengatakan bahwa Raperda tentang perubahan atas Perda no 5 tahun 2012 tentang retribusi jasa umum sudah selesai. Tinggal menunggu evaluasi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Kalau di kami sudah selesai, sekarang sudah tanggung jawab Sekretariat Daerah (Setda) bagian hukum. Tinggal tunggu evaluasi,” ungkapnya kepada Cirebon Radio, Rabu (13/01/21).

Ia ingin Raperda ini segera rampung karena berkaitan dengan retribusi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Politisi PDI Perjuangan ini mengaku Perda sudah diajukan menjadi prioritas di tahun 2021.

“Kalau pembahasan sudah sejak pertengahan tahun lalu. Kami Targetkan awal tahun selesai. Semoga segera ada kabar baik dari Kementenkeu,” tuturnya.

Menurutnya Perda no 5 tahun 2012 tentang retribusi jasa umum sudah tidak lagi relevan. Dia mencontoh pada retribusi parkir. Dalam Perda yang lama untuk sepeda motor Rp500 dan mobil Rp2000, faktanya pemilik kendaraan banyak yang memberikan lebih dari tarif yang ditentukan.

“Memang sudah tidak relevan. Wajar kalau Dishub sulit mencapai target PAD retribusi parkir,” katanya.

Dirinya bahkan menginginkan retribusi parkir di Kota Cirebon menggunakan E-parkir. Sehingga pemasukan PAD bisa terpantau langsung masuk ke kas daerah. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top