Connect with us

Ratusan Mortir Kuno, Ditemukan Di Sekitar PT Indocement Palimanan

Berita Cirebon Radio

Ratusan Mortir Kuno, Ditemukan Di Sekitar PT Indocement Palimanan

Kab Cirebon (89,2 CR) – Pekerja PT. Indocement, Palimanan Kabupaten Cirebon dikejutkan dengan penemuan ratusan mortir di area bahan baku semen, Kawari 120 pada, Jumat (24/04/20). Team Jibom dari Detasemen Gegana Satbrimobda Jabar langsung turun guna memastikan mortir tersebut.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol M. Syahduddi menjelaskan, mortir pertama kali ditemukan oleh pekerja setempat. Kemudian dilaporkan kepada Unit Intel Kodim 0620 Kabupaten Cirebon. Total ada 500 mortir yang sudah berkarat.

“Benar bedasarkan informasi dari Kapolsek Palimanan, telah ditemukan mortir. Temuan telah dilaporkan ke Kodim dan Jibom Polda Jabar,” paparnya.

Melihat dari bentuk dan kondisi mortir, diduga berasal pada jaman penjajahan, namun demikian belum bisa dipastikan apakah masih aktif atau tidak. Selanjutnya Unit Jibom Polda Jabar yang akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam keberadaan mortir ini.

“Belum bisa dipastikan dari mana asalnya, tapi kalau lihat kondisinya sepertinya sudah lama,” imbuhnya.

Kapolresta menyarankan, jika masih memiliki daya ledak, maka segera dihancurkan di tempat tersebut, karena memang lokasinya jauh dari pemukiman masyarakat. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top