Connect with us

Reservoir Siap Dioperasikan, PDAM Kota Cirebon Akan Lakukan Uji Coba

Berita Cirebon Radio

Reservoir Siap Dioperasikan, PDAM Kota Cirebon Akan Lakukan Uji Coba

KEJAKSAN [89,2 CR] – Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Barat Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR datang langsung ke reservoir 9000 meter kubik milik PDAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon di Plangon, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (18/06/20). Kementerian PUPR ingin memastikan progres pembangunan telah rampung dan siap dioperasikan.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Barat Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Feriqo Asya Yogananta mengaku proses pengerjaan telah rampung tinggal dilakukan pengisian air dan didistribusikan ke masyarakat melalui pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU).

“Memang pengerjaan rampung sejak bulan Febuari, karena ada pandemi Covid-19 jadi terpaksa ditunda. Setelah melihat langsung secara keseluruhan sudah siap tinggal membahas teknisnya,” ujarnya kepada awak media.

Menurut Feriqo, proses distribusi air membutuhkan teknis yang rumit, terutama dampak yang harus diterima pelanggan PDAM Kota Cirebon. Pasalnya selama proses pengisian membutuhkan waktu hampir satu hari, otomatis distribusi air akan terganggu, sementara pada masa pandemi Covid-19 masyarakat sangat membutuhkan air.

“Kami harus pikirkan teknisnya, jangan sampai karena kesalahan kecil berdampak fatal. Kami juga pikirkan dampaknya ke pelanggan,” paparnya.

Ia berharap bisa dilakukan secepatnya, tidak sampai mengulur waktu kembali. Setelah distribusi lancar, pelanggan akan menikmati air secara normal dan PDAM Kota Cirebon bisa menambah pelanggan.

“Kalau sudah normal pelanggan tidak lagi kesulitan mendapat air bersih dari PDAM,” katanya.

Direktur PDAM Kota Cirebon, Sofyan Satari menyampaikan bahwa pihaknya akan meminta izin kepada kementerian untuk tahap uji coba reservoir 9000 meter kubik. Setelah itu dengan dinas dan pihak terkait.

“Kami akan layangkan surat permintaan untuk segera dioperasikan,” tuturnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat menampung air saat proses pengisian. Pihaknya juga akan mempersiapkan mobil tanki air untuk pelanggan yang memang membutuhkan. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top