Connect with us

Resmikan Monumen KRI Gajah Mada 408, Wali Kota Cirebon Harap Jadi Daya Tarik

Berita Cirebon Radio

Resmikan Monumen KRI Gajah Mada 408, Wali Kota Cirebon Harap Jadi Daya Tarik

LEMAHWUNGKUK [89,2 CR] – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon meresmikan monumen KRI Gajah Mada 408, Patung Kapten Laut Samadikun, dan Soft Opening Museum Bahari Sarwajala, di Waterland Ade Irma Suryani, Rabu (20/01/21). Monumen ini nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Kota Cirebon.

Wali Kota Cirebon Drs Nashrudin Azis mengaku monumen ini berkat diinisiasi Komandan Lanal Cirebon untuk bisa menggairahkan pariwisata di Kota Cirebon. Ia berharap monumen dapat menyedot wisatawan datang ke Kota Cirebon.

“dengan terobosan yang dihadirkan Komandan Lanal Cirebon bisa membawa dampak positif bagi peningkatan dunia wisata di Kota Cirebon,” paparnya.

Sementara itu, Komandan Lanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhadi mengatakan latar belakang hadirnya Museum Bahari Sarwajala ini karena melihat banyaknya sejarah Sarwajala atau Prajurit Laut di Kota Cirebon.

“Kita sebagai Sarwajala modern Prajurit TNI Angkatan Laut pingin menghargai jasa para pahlawan. Karena, orang yang bisa menghargai jasa pahlawan adalah bangsa yang besar,” ujar Afif.

Museum ini, kata Afif, jangan dibandingkan dengan museum-museum yang lain atau yang sudah ada, tapi ini langkah kecil untuk ke depannya lebih maju.

“Ini salah satu kontribusi kami Sarwajala modern kepada masyarakat Cirebon,” jelasnya.

Di dalam museum tersebut, Afif menjelaskan ada sejarah dari awal Cirebon memiliki pasukan laut Sarwajala, perjuangan Sarwajala, perjuangan kemerdekaan Kapten Samadikun.

Kemudian ada juga sejarah hingga saat ini apa yang sudah di kontribusikan kita kepada masyarakat.

“Jadi di dalam museum ini ada tiga step, menceritakan jaman dulu sekali, jaman perjuangan, dan saat ini pasca kemerdekaan apa yang kita sumbangsih kan kepada bangsa dan negara,” bebernya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top