Connect with us

Revitalisasi Alun – Alun Kejaksan Segera Rampung

Berita Cirebon Radio

Revitalisasi Alun – Alun Kejaksan Segera Rampung

KESAMBI [89,2 CR] – Revitalisasi Alun – Alun Kejaksan, Kota Cirebon dalam waktu dekat akan segera rampung. Alun – Alun Kejaksan akan menjadi ikon bagi Kota Cirebon karena memiliki keunikan tersendiri dibanding alun – alun lainnya di Jawa Barat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cirebon, Syahroni mengatakan, Alun – Alun Kejaksan akan dilengkapi dengan basement sehingga mampu menampung puluhan kendaraan yang ingin ke alun – alun maupun ke masjid At-Taqwa.

“Progresnya masih berjalan, tahun ini rampung dan bisa dibuka secara umum. Nanti dilengkapi berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung,” ujarnya, Kamis (17/06/20).

Masih kata Syahroni, beberapa fasilitas publik yang ada di alun-alun dilengkapi seperti pedestrian, microlibrary, shelter PKL, joging track, taman bermain, dan toilet. Tempat ini juga terdapat sarana penunjang seperti air mancur, gapura utama yang berbentuk candi bentar dan lapangan yang digunakan untuk upacara.

“Alun – alun akan tetap sebagai ruang terbuka hijau dengan berbagai fasilitas namun tetap bisa digunakan untuk upacara,” paparnya.

Jika sebelumnya area alun-alun dan Tugu Proklamasi terpisah oleh jalan, kini dengan desain alun-alun yang baru, maka kedua area tersebut tersambung. Pemisahnya hanyalah jalan yang hanya khusus untuk pejalan kaki.

Yang unik dari alun-alun ini, yakni terletak dari rumput yang dijejerkan lurus mengikuti arah kiblat.

Ia menyadari progres alun – alun sedikit terlambat, namun proses pengerjaan sesuai target. Hal ini disebabkan peraturan pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top