Connect with us

RR Alexandra : PRA Luqman Zulkaedin Diberikan Anugerah Sebagai Putra Mahkota

Berita Cirebon Radio

RR Alexandra : PRA Luqman Zulkaedin Diberikan Anugerah Sebagai Putra Mahkota

LEMAHWUNGKUK [89,2 CR] – Ketua Badan Pengelola Keraton Kasepuhan Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat menyampaikan bahwa PRA Luqman Zulkaedin, S.H., M.Kn telah diberikan anugerah sebagai putra mahkota oleh Sultan Arief pada Januari 2018 silam. Hal tersebut disampaikan kembali oleh Luqman saat melepas jenazah ayahnya di keraton untuk dimakamkan kepada tamu pelayat yang hadir saat itu.

“Saat pelepasan itu PRA Luqman membacakan anugerah ia adalah putra mahkota yang akan meneruskan tahta Sultan Arief,” tutur Alexandra, kepada awak media, Selasa (28/7/20).

Ia mengatakan, sudah menjadi tradisi di Keraton Kasepuhan yang penerus tahta adalah turunan garis anak laki-laki yang telah ditunjuk oleh sultan sebelumnya. Sepengetahuannya untuk menuju sampai pada gelar Sultan Sepuh, tidak ada istilah dipesantrenkan sebelumnya, diperkenalkan oleh ayahnya kepada kalangan ulama dan kyai.

“Tradisi kami anak laki-laki dari Sultan Sepuh akan menjadi putra mahkota. Biasanya berkeliling ke ulama dan kyai untuk dikenalkan,” tuturnya.

Penobatan sebagai Sultan Sepuh dilakukan setelah melewati masa 40 hari. Nanti yang akan menyematkan sebagai Sultan Sepuh adalah sesepuh keraton yang disaksikan oleh abdi dalem, wargi keraton, unsur TNI, Polri, Kyai, Ulama dan pemerintah daerah se wilayah 3 Cirebon.

“Pasti ada seremonial untuk penobatan tapi tidak hari pekan ini, tunggu sampai 40 hari,” tandasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top