Connect with us

Sarman, Warga Kota Cirebon Jadikan Limbah Styrofoam Memiliki Nilai Jual

Berita Cirebon Radio

Sarman, Warga Kota Cirebon Jadikan Limbah Styrofoam Memiliki Nilai Jual

KEJAKSAN [89,2 CR] – Gabus Sintetis (Styrofoam) merupakan jenis limbah yang sulit terurai. Namun di tangan Sarman Firmansyah, Ketua Sanggar Salsabila Art disulap menjadi barang yang memiliki nilai jual.

Diakui Sarman, limbah tersebut di daur ulang menjadi miniatur kerata Singabarong, Paksi Naga Liman dan kerajinan tangan lainnya. Biasanya limbah dari Styrofoam bekas bungkus barang elektronik, selain besar juga mudah dibentuk.

“Ada yang mencari di tempat sampah atau masyarakat yang memberikan secara cuma-cuma. Kemudian kami buat menjadi miniatur,” ungkapnya saat ditemui di sanggar jalan Kapten Samadikun, Gang. Melati, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Kejaksaan, Kota Cirebon, Jumat (14/01/21).

Tingkat kesulitan dalam membuat miniatur tergantung bentuk dan ukuran. Semakin kecil dan rumit bentuknya semakin mahal harganya.

Selama ini yang menjadi kendala tambah Sarman, salah satunya promosi hasil kerajinan-kerajinan tersebut. Di tambah saat masa pandemi COVID-19 menyebabkan pesanan berkurang.

“Karena masih awam jadi bingung promosinya harus bagaimana,” keluhnya.

Selain kerajinan miniatur, Sarman juga membuat kerajinan aksesoris pertunjukan wayang orang. Bukan hanya itu di sanggar Salsabila Art diajarkan juga tari tradisional.

“Di sanggar ini juga kami mengajarkan tari tradisional kepada anak-anak yang suka dengan tarian tradisional mulai TK sampai SMA,” tutupnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top