Connect with us

Satgas COVID-19 Kota Cirebon Minta Kelurahan Awasi Pergerakan Masyarakat

Berita Cirebon Radio

Satgas COVID-19 Kota Cirebon Minta Kelurahan Awasi Pergerakan Masyarakat

KEJAKSAN [89,2 CR] – Ketua Harian Satgas COVID-19 Kota Cirebon, Agus Mulyadi membenarkan bahwa belasan kelurahan masuk zona merah. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro dinilai efektif dalam menekan jumlah kasus.

“Kami sudah minta kepada kelurahan di zona merah untuk terus mengawasi pergerakan masyarakat. PPKM Mikro menjadi solusi menekan jumlah penularan COVID-19,” katanya kepada awak media, Jumat (19/02/21).

Ia mengatakan zona tersebut berdasarkan evaluasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Kesehatan. Hingga saat ini jumlah warga terkonfirmasi positif COVID-19 aktif di Kota Cirebon sebanyak 326 orang.

“Pada akhir tahun lalu, Kota Cirebon sempat masuk ke dalam risiko sedang. Namun saat ini, status menjadi zona merah atau risiko tinggi penyebaran wabah,” kata Agus Mulyadi yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda).

Dari 22 kelurahan yang ada di Kota Cirebon, 11 kelurahan masuk ke dalam zona merah penyebaran COVID-19, empat zona kuning (rendah), enam zona orange (sedang), dan satu zona hijau (aman).

Agus meminta masyarakat mempertahankan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19. Tanpa kesadaran dari masyarakat, segala upaya pemerintah menekan penularan COVID-19 akan sia-sia.

“Kembali lagi kepada masyarakat sejauh mana menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Tidak hanya itu, aplikasi Jaga Warga yang dibuat oleh Pemerintah Kota Cirebon, diklaim turut membantu masyarakat untuk menyampaikan secara langsung situasi perkembangan COVID-19.

Melalui aplikasi itu, masyarakat cukup melaporkan saja kejadian kepada admin dalam aplikasi Jaga Warga, sehingga memudahkan petugas melakukan pengawasan.

“Kasus terbanyak terjadi di klaster perumahan, dari aplikasi itu pun sebagai upaya sosialisasi dan edukasi,” katanya.

Hingga Jumat (19/2/2021) siang, kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Cirebon sudah menembus angka 3.352. Dari jumlah itu, 2.894 sudah dinyatakan sembuh dan 132 meninggal. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top