Connect with us

Sejumlah Resto dan Hotel di Kota Cirebon Tolak Hibah CHSE

Berita Cirebon Radio

Sejumlah Resto dan Hotel di Kota Cirebon Tolak Hibah CHSE

KESAMBI [89,2 CR] – Sejumlah resto dan hotel menolak pemberian dana hibah untuk penunjang program Cleanlinnes, Health, Safety and Environment (CHSE) dari  Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Padahal mereka sudah terdaftar penerima bedasarkan keputusan Wali Kota Cirebon (Kepwal).

Kabid Pariwisata pada Dinas Kepemudaan Olahraha Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Wandi Sofyan mengatakan, dari 63 nama yang terdaftar, 6 resto dan 1 hotel menolak. Padahal awalnya menerima namun dikembalikan ke Badan Keungan Daerah (BKD).

“Kami tidak bisa memutuskan karena itu keputusan mereka sendiri. Padahal sudah didorong,” paparnya, Senin (11/01/21).

Setelah dikonfirmasi kepada pihak manajemen, tidak menindaklanjutinya para resto tersebut ternyata sesuai dengan kebijakan internal masing-masing.

“Enam resto belum mengajukan pencairan, jadi tidak menindaklanjuti, sedangkan satu hotel sudah menerima, tetapi mau dikembalikan,” lanjut Wandi.

 Pada program CHSE ini, dijelaskan Wandi, DKOKP hanya memfasilitasi dan mengkoordinasikan semua bentuk program dengan pihak pelaku usaha, sedangkan untuk persoalan pencairan bantuan, diserahkan langsung oleh BKD kepada para pihak penerima.

“Dikembalikan kepada BKD. Kami hanya mendorong untuk segera diambil,” tambah dia.

Sementara itu, pihak DKOKP saat ini sedang menunggu laporan dari para penerima bantuan. Karena mengenai alur pelaporan, kata Wandi, secara terperinci para  melaporkan penggunaan dana hibah oleh para hotel dan resto.

“Barulah setelah itu dilaporkan secara keseluruhan ke BKD, dan nanti BKD yang akan melaporkan kegiatan program CHSE di Kota Cirebon kepada pemerintah pusat,” [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top