Connect with us

Selly Anggota DPR RI : Kemenag Wajib Terbuka Soal Pembatalan Haji

Berita Cirebon Radio

Selly Anggota DPR RI : Kemenag Wajib Terbuka Soal Pembatalan Haji

HARJAMUKTI [89,2 CR] – Anggota DPR RI Komisi VIII Selly Andriany Gantina meminta Kementerian Agama (Kemenag) memberikan informasi yang jelas kepada calon jemaah haji yang batal berangkat di tahun ini. Skema pembatalan dan pengembalian wajib disampaikan secara detail agar tidak membuat resah mereka.

“Informasi yang jelas dan komperensif serta kemudahan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dari soal pembatalan, pengembalian dan keberangkatan pada tahun depan,” tegasnya kepada awak media usai memberikan bantuan kepada Baznas Kota Cirebon, Selasa (9/06/20).

Selly meminta Kemenag memberikan secara detail skema pengembalian tanpa ada yang disembunyikan. Jangan sampai calon jemaah haji resah karena simpang siur informasi mengenai pembatalan haji.

“Skema pengembalian disampaikan secara kepada calon jamaah haji, kalau perlu ada akses memudahkan mereka berkomunikasi,” paparnya.

Kemenag lanjut Selly, wajib memberikan prioritas kepada calon jemaah haji yang gagal berangkat. Mereka akan diberangkatkan pada tahun depan tanpa mempengaruhi pemberangkatan pada tahun tersebut.

“Prioritaskan mereka yang batal tapi mereka yang mendapatkan giliran tetap bisa berangkat,” katanya.

Diakuinya pandemi Covid-19 mempengaruhi seluruh keberangkatan ibadah haji bukan hanya di Indonesia namun dunia. Pemerintah bertujuan agar jamaah tidak tertular Covid-19 sehingga terpaksa menunda di tahun depan.

“Covid-19 bukan hanya di Indonesia namun dunia termasuk Arab Saudi. Langkah pemerintah sudah tepat hanya dalam pembatalan haji masyarakat harus dapat informasi yang jelas,” Tandas dia. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top