Connect with us

Setuju dengan PKM, Dewan Pendidikan Kota Cirebon Minta Sekolah Disurvei

Berita Cirebon Radio

Setuju dengan PKM, Dewan Pendidikan Kota Cirebon Minta Sekolah Disurvei

KESAMBI [89,2 CR] – Melalui program vaksinasi nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal mengizinkan Pembelajaran Tatap Muka (PKM). Rencana ini sambut baik Anggota Dewan Pendidikan Prof Dr Adang Jumhur.

PKM menurut Adang, berdasarkan aspirasi dan keluhan dari orang tua siswa. Mereka sudah merasakan sendiri, bagaimana anaknya belajar di rumah tidaklah mudah. Banyak hal yang sulit dipenuhi dan dilakukan oleh para orang tua. Sehingga satu-satunya harapan adalah dibukanya kembali sekolah dan tatap muka pembelajaran.

“Namun persoalannya, pemerintah belum siap membuka sekolah, dengan konsekuensi yang mungkin timbul dari pandemi yang masih terjadi,” katanya, Senin (21/03/21).

Maka dari itu, harus ada pendekatan kompromistis. Artinya bukan hanya berdasarkan zonasi melainkan kesiapan penerapan protokol kesehatan dan infrastruktur di sekolah dalam pencegahan COVID-19.

“Artinya apakah sekolah tersebut sudah melengkapi fasilitas pembelajaran yang mendukung, yang sesuai dengan protokol kesehatan. Kemudian kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan itu sendiri, baik gurunya maupun siswanya,” tambah dia.

Maka lanjut Adang, harus dilakukan survei terlebih dahulu ke sekolah-sekolah, apakah memenuhi syarat untuk pembelajaran tatap muka atau tidak. Jadi sifatnya random, tidak berdasarkan zona hijau, kuning atau merah saja. Adang menilai, hal tersebut lebih dirasakan realistis.

Terhadap sekolah yang belum siap, pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon harus mengintervensinya. Dengan memberikan bantuan fasilitas protokol kesehatan maupun, pelatihan terhadap guru dalam menghadapi pembukaan lagu sekolah.

“Jadi maksudnya, sekolah harus ada yang dimulai dibuka, tentunya dengan persyaratan ketat. Selanjutnya bisa dievaluasi apa yang kurang untuk dilengkapi. Setelah itu bisa diterapkan pada semua sekolah,” ujarnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top