Connect with us

Swab Test Massal Pemda Kabupaten Cirebon Capai 1 Persen Dari Jumlah Penduduk

Berita Cirebon Radio

Swab Test Massal Pemda Kabupaten Cirebon Capai 1 Persen Dari Jumlah Penduduk

SUMBER [89,2 CR] – Pemerintah daerah Kabupaten Cirebon terus menerus melakukan uji swab kepada warganya. Bahkan target uji swab kepada satu persen jumlah keseluruhan penduduk Kabupaten Cirebon, sudah terlampaui. Hingga saat ini, Pemkab Cirebon sudah melakukan swab kepada 22.920 dari total penduduk Kabupaten Cirebon mencapai 2,2 juta jiwa.

Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag mengatakan, uji swab yang terus dilakukan oleh Pemkab Cirebon, merupakan salah satu bentuk kehadiran pemerintah dalam penanganan covid-19. pihaknya mengaku lebih senang penderita covid-19 di Kabupaten Cirebon bisa terdeteksi, walaupun jumlahnya banyak.

Imron menyebutkan, bahwa uji swab massal yang dilakukan oleh Pemkab Cirebon, memiliki efek yang sangat positif. Karena menurutnya, dengan adanya uji swab kepada puluhan ribu warga itu, pemetaan kasus covid-19 di Kabupaten Cirebon menjadi jelas.

Apalagi lanjut Imron, jumlah warga yang terdeteksi positif covid-19 di Kabupaten Cirebon, mayoritas masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). jika saja penderita covid 19 yang masuk OTG ini tidak terdeteksi, maka jumlah terkonfirmasi di Kabupaten Cirebon akan lebih tinggi lagi.

“Karena yang OTG ini, tidak merasakan apa-apa, dia merasa sehat. Ini lebih bahaya lagi. Nanti bisa menularkan kebanyak orang,” kata Imron, Senin (21/9/20)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni mengatakan, selain menggunakan swab secara konvensional, Pemda kabupaten Cirebon memiliki PCR Portable. Dengan menggunakan alat ini, pemeriksaan sample bisa dilakukan dengan cepat. Dalam sekali running, alat PCR portablle ini, bisa mengolah sebanyak 8 sample. Hanya dengan waktu 45 menit, hasilnya sudah bisa didapatkan.

Enny mengatakan, untuk saat ini, alat PCR Portable digunakan untuk melakukan uji sample, untuk sample yang urgent segera didapatkan hasilnya. Alat PCR ini pernah digunakan untuk melakukan uji dari sample Bupati Cirebon, yang sempat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif.

“Karena Pak Bupati harus hadir pada suatu kegiatan, sehingga kami menggunakan alat ini,” kata Enny. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top