Connect with us

Tahun 2020 Akan Berakhir, Angka Perceraian di Kabupaten Cirebon Terus Meningkat

Berita Cirebon Radio

Tahun 2020 Akan Berakhir, Angka Perceraian di Kabupaten Cirebon Terus Meningkat

SUMBER [89,2 CR] – Angka perceraian di Kabupaten Cirebon masih cukup tinggi. Berdasarkan data di Pengadilan Agama Sumber, terdapat 7.068 perkara yang telah diputus dan diminutasi dari 7.291 kasus yang diterima.

Hakim PA Sumber, Abdul Azis menyampaikan, prediksi pada tahun 2020 mengalami kenaikan, sebab dari data tahun 2019 mencapai 7.326 perkara yang diputus. Sementara di bulan November jumlahnya hampir mencapai data di tahun 2019. Perceraian didominasi oleh cerai gugat dibanding cerai talak.

“Banyak gugatan yang diajukan oleh perempuan dibanding laki-laki. Prediksi akan meningkat,” paparnya, Kamis (19/11/20).

Adapun 3 faktor penyebab perceraian lanjut Azis, karena faktor Ekonomi, perselisihan dan pertengkaran terus menerus. Diantara 3 hal ini, faktor Ekonomi memiliki angka paling tinggi setiap bulannya. Sebab, kasus perceraian akibat ekonomi ini tidak pernah kurang dari angka 300 dan angka paling tinggi masalah ekonomi ini berada pada bulan Oktober sebanyak 599 kasus.

“Penyebabnya ekonomi, apalagi saat ini tengah sulit dalam mencari pekerjaan akibat pandemi,” tuturnya.

Rata-rata usia pemohon perceraian adalah pasangan muda antara usia 25 sampai 30 tahun. Oleh sebab itu PA sering menghimbau kepada pasangan muda untuk menjaga keharmonisan dalam berumah tangga. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top