Connect with us

Tahun 2021 Disnaker Kota Cirebon Monitoring UMK

Berita Cirebon Radio

Tahun 2021 Disnaker Kota Cirebon Monitoring UMK

KESAMBI [89,2 CR] – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon akan monitoring Upah Minimum Kota (UMK). Meski kondisi ekonomi belum stabil, UMK menjadi kewajiban perusahaan kepada pekerja.

Menurut Kepala Disnaker Kota Cirebon, Abdullah Syukur, pemantauan UMK dilakukan secara bertahap ke perusahaan. Nantinya bukan hanya pemantauan, pihaknya juga ingin memastikan perusahaan dalam kondisi baik dan hak pekerja terpenuhi.

“Perusahaan di Kota Cirebon sedikit jadi pemantauan dibarengi dengan diskusi dan melihat kondisi perusahaan. Kami secara bertahap,” katanya kepada awak media, Selasa (12/01/21).

Ia menyadari, pandemi sangat berdampak bukan hanya perusahaan namun kepada pekerja. Di Kota Cirebon nilai 600 pekerja yang dirumahkan. Meski bekerja mereka tidak mendapatkan upah sesuai dengan ketentuan.

“Kami tahu betul bagaimana kondisi perusahaan. Jadi perusahaan dan pekerja harus saling pengertian,” tambahnya.

Jika ada pengaduan UMK, lanjut Syukur, perusahaan bisa menyelesaikan dengan pekerja langsung (Bepartit). Kecuali terjadi dead lock maka Disnaker yang akan menyelesaikan menyelesaikan. Sejauh ini belum ada informasi dari perusahaan dan pekerja yang terkait dengan UMK. Karena saat penetapan melibatkan berbagai pihak.

“Kalau ada sengketa silakan silakan secara musyawarah,” tambahnya.

Syukur mendorong, pada tahun 2021 para pekerja menjadi wiraswasta. Terlebih berbagai program pelatihan akan diberikan bagi masyarakat Kota Cirebon. Pelatihan akan menjadi bekal bagi para pencari kerja untuk membuka usaha.

“Kami ada pelatihan agar bisa menjadi wiraswasta,” tutupnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top