Connect with us

Tanggapi Laporan Masyarakat, Komisi IV DPRD Jabar Tinjau Bendungan Cipanas

Berita Cirebon Radio

Tanggapi Laporan Masyarakat, Komisi IV DPRD Jabar Tinjau Bendungan Cipanas

CIKEDUNG – Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat meninjau Bendung Cipanas I dan II. Bendungan yang berlokasi di Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu tersebut nilai investasinya mencapai Rp 1.3 triliun dan dibiayai APBN.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady menyatakan, kunjungan kali ini dilakukan untuk merespons laporan masyarakat terkait Sungai Cipanas. Terutama di DI Cipanas II yang jebol beberapa waktu lalu.

 

“Bendungan Cipanas sendiri berlokasi di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu. Proses pembangunan bendungan dimulai pada tahun 2018 dan diharapkan beroperasi pada tahun 2023,” ungkapnya, Selasa (12/10).

Dijelaskannya, kapasitas bendungan tersebut mencapai 850 meter kubik per detik. Bendungan itu pun diperkirakan dapat mengairi lahan hingga 10.500 hektare.

Selain itu, Bendungan Cikedung juga diyakini akan mengurangi banjir 475 m3 per detik. Bahkan, bendungan bakal memasok kebutuhan air baku masyarakat mencapai 0,5 m3 per detiknya.

“Air dari bendungan ini akan digunakan untuk pembangkit listrik dan menghasilkan daya 2,5 megawatt. Luas genangannya sendiri mencapai 1.315 hektare dengan daya tampungnya hingga 250 juta m3,” paparnya.

Disebutkannya, tanggul jebol di DI Cipanas II itu ditangani anggaran APBN senilai Rp 9 miliar enanganan tanggul yang jebol didanai APBN senilai Rp 9 miliar. Sawah terdampak ketika banjir seluas sekitar 1.000 hektare.

Salah satu proyek strategis nasional (PSN) itu diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan nasional. Dengan intensitas tanam yang meningkat, kesejahteraan petani diharapkan meningkat pula.

“Kami menyayangkan karena saat ini koordinasi dengan BBWS terasa kurang lancar. Ke depan, Komisi IV akan melakukan rapat koordinasi terkait hal itu,” pungkasnya. [DR]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top