Connect with us

Tata Kelola Pemerintahan Rendah, KPK Tegur Pemda Kota Cirebon

Berita Cirebon Radio

Tata Kelola Pemerintahan Rendah, KPK Tegur Pemda Kota Cirebon

KEJAKSAN [89,2 CR] – Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) berkunjung ke Kota Cirebon. Pasalnya peringkat tata kelola pemerintahan Kota Cirebon cukup rendah. Berdasarkan data, Kota Cirebon menduduki peringkat terakhir di Jawa Barat.

“Poinnya masih 40, terendah di Jawa Barat. Masih ada waktu untuk ditingkatkan,” kata Kasatgas Pencegahan Korwil V KPK RI, Niken Ariati menuturkan, Rabu (2/12/20).

Lebih lanjut Niken menjelaskan, Pemda Kota Cirebon harus banyak perbaikan diantaranya mendorong tata kelola aset, mendorong pelayanan perizinan. Ia mengingatkan beberapa daerah memiliki persoalan tata kelola perizinan seperti di Cimahi.

“Saya lihat sistem pengadaan disini, karena memang berdasarkan aturan yang berlaku, fungsional pengadaan, bisa ditarik pengadaannya ke provinsi, kalau infrastrukturnya belum lengkap, nanti juga ditarik ke provinsi,” terangnya.

Peringkat tersebut, kata Niken, periode Tahun 2020, setiap tahun ada penilaian dari KPK yang batas penutupannya pada akhir tahun tanggal 31 Desember.

“Tahun 2019 Kota Cirebon di angka 71 persen, dan tahun ini sampai Oktober masih di angka 40 persen, satu bulan terakhir ini bisa didorong agar lebih maksimal di akhir nanti,” ucapnya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan, pada tahun 2019, penilaian KPK untuk Kota Cirebon berada di angka 71 persen dan tahun ini, saat ini masih di angka 41,51 persen.

“Saat ini memang di angka 41,51 persen, tapi terus berproses,” ungkap Agus Mulyadi.

Menurut Sekda, dibandingkan dengan kota dan kabupaten se-Jawa Barat, termasuk provinsinya sendiri, Kota Cirebon berada di peringkat 28.

“Kami optimis tahun 2020 ini minimal di angka 75 persen, lebih baik dari sebelumnya, Insya Allah akhir tahun tidak terbawah,” tegasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top