Connect with us

Tawurji Dan Ngapem Di Keraton Kanoman Digelar Sederhana

Berita Cirebon Radio

Tawurji Dan Ngapem Di Keraton Kanoman Digelar Sederhana

LEMAHWUNGKUK [89,2 CR] – Tradisi Tawurji dan Ngapem di Keraton Kanoman pada tahun ini sangat sederhana. Prosesi hanya diikuti keluarga dan abdi dalem. Tak lupa mereka yang ikut dalam prosesi menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Juru bicara Keraton Kanoman, Ratu Raja Arimbi Nurtina ST mengatakan, dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19 pihaknya tindak mengizinkan masyarakat hadir. Namun disarankan untuk bisa mengikuti melalui kanal media sosial milik keraton.

“Kami ikuti imbauan dari pemerintah untuk melarang ada orang yang berkerumun, salah satunya dengan tidak menginfokan seluruh kegiatan Muludan. Pada saat prosesi diwajibkan menggunakan masker,” ungkapnya usai prosesi Tawurji di Keraton Kanoman, Rabu (14/10/20).

Prosesi yang telah dilaksanakan diantaranya Tawurji dan Ngapem. Kedua prosesi dilaksanakan pada Rebo Wekasan Bulan Safar dalam penanggalan jawa. Makna dari Tawurji dan Ngapem adalah bersedekah dan tolak bala.

“Tradisi sudah dilakukan dari jaman para wali sampai dengan sekarang. Intinya keluarga keraton bersedekah dan menolak segala jenis musibah,” paparnya.

Selain Tawurji, Kesultanan Kanoman juga menggelar tradisi Ngapem. Keluarga keraton membuat kue apem untuk dibagikan ke masyarakat. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top